7 Jenis Olahraga Peninggi Badan Paling Efektif dan Murah Meriah

olahraga peninggi badan

olahraga peninggi badan

Seberapa penting melakukan olahraga peninggi badan buat kamu? Pastinya tergantung dengan kebutuhan. Kebutuhan akan penampilan, untuk mendapatkan pekerjaan impian, ataupun dalam hal kesehatan.

Tidak dipungkiri postur tubuh yang tinggi adalah dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Memiliki postur diatas rata-rata tentunya jadi kebanggaan tersendiri, selain itu akan memudahkan juga dalam mendapatkan pekerjaan.

Pria dengan postur tubuh tinggi dan ideal akan terlihat lebih menarik, lebih gagah dan berwibawa. Wanita dengan tinggi badan yang proporsional akan menonjolkan sisi keanggunan dan percaya diri.

Disisi lain tinggi badan juga berhubungan dengan kesehatan. Anak-anak yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi sejak kecil cenderung memiliki postur lebih tinggi dan berisi dibandingkan mereka yang kekurangan asupan nutrisi.

7 Jenis Olahraga Peninggi Badan Terbaik

Meskipun faktor genetik juga sangat berpengaruh pada pembentukan postur tubuh seseorang. Bagi kamu yang memiliki tinggi badan dibawah rata-rata tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada olahraga yang bisa meningkatkan tinggi badan secara efektif dan mudah dilakukan untuk kamu yang padat aktifitas seperti di bawah ini:

Olahraga Lompat Tali atau Skipping

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang bisa meningkatkan tinggi badan yang mudah, murah dan dapat dilakukan di rumah. Gerkana olahraga satu ini sudah tidak asing lagi, bahkan sering kita melihat anak-anak kecil melakukannya. Selain membakar kalori, memperbaiki postur tulang gerakan satu ini dinilai fun. Lompat tali atau skipping bisa dilakukan menggunakan tali atau karet gelang yang dirangkai menjadi seperti tali.

Tali karet gelang ini bahkan sudah menjadi mainan favoritnya anak-anak perempuan. Anda bisa melakukan lompat tali di dalam maupun luar ruangan. Pastikan tempatnya lapang dan cukup sirkulasi udara apabila Anda memilih melakukan lompat tali di dalam ruangan. Tidak perlu lama-lama untuk pemula, Anda hanya perlu melakukannya selama 10 menit secara rutin setiap hari.

Olahraga Spot Jump

Spot jump adalah olahraga dasar yang diajarkan di sekolah maupun dunia militer. Latihan ini dapat membantu menambah panjang tulang kaki dan pada akhirnya menambah tinggi badan Anda. Gerakan yang dilakukan pada saat spot jump adalah Anda harus dalam keadaan berjongkok kemudian melompat setinggi-tingginya kemudian kembali ke posisi berjongkok. Anda  bisa melakukan gerakan ini sebanyak 20-30 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Berenang

Olahraga peninggi badan yang paling popular dan dipercaya paling efektif berikutnya adalah berenang. Bahkan umumnya para orang tua jaman dahulu maupun sekarang sangat menyarankan anak-anaknya untuk melakukan olahraga satu ini untuk menambah tinggi badan. Tak jarang para orang tua rela membayar jasa instruktur renang untuk anak-anaknya. Ketika berenang semua otot tubuh bekerja terutama otot kaki, lengan, tulang belakang dan dada.

Jadi tidak diragukan lagi bahwa berenang dapat menambah panjang tulang belakang dan tulang kaki yang akhirnya menambah tinggi badan secara signifikan. Bagi Anda yang tidak memiliki kolam renang di rumah, Anda bisa berenang seminggu sekali di kolam renang umum terdekat. Selain menambah tinggi badan berenang juga dapat membantu Anda merasa lebih segar dan bugar.

Peregangan atau Stretching

Tanpa disadari sikap tubuh kita mempengaruhi tinggi badan kita. Terlalu sering duduk atau berjalan membungkuk tentu akan membuat kita terlihat lebih pendek. Untuk itu sangat perlu melakukan peregangan setelah duduk lama, biasanya dilakukan untuk meluruskan punggung, lengan dan kaki. Peregangan atau stretching adalah gerakan dasar dan wajib sebelum Anda memulai aktifitas olahraga yang lebih berat. Meskipun bisa juga dilakukan juga sewaktu-waktu bahkan sebelum tidur. Amat murah dan mudah tetapi jadi salah satu aktifitas olahraga peninggi badan.

Basket

Sudah sejak lama olahraga basket dikenal sebagai olahraga peninggi badan dan hal tersebut diperkuat dengan postur tubuh para pebasket yang mayoritas memiliki tinggi badan diatas rata-rata.Olah raga ini efektif untuk membantu meningkatkan tinggi badan karena pada saat bermain para pebasket akan berlari dan melompat secara konstan, baik pada saat merebut bola dari lawan, melempar bola, melakukan slam dunk serta melakukan gerakan-gerakan yang lain.

Dengan melakukan loncatan secara konstan itulah tubuh yang dalam posisi terbang vertikal di udara akan melawan gravitasi yang berdampak pada terjadinya peregangan otot. Begitu juga pada saat jatuh, tubuh akan mengalami kontraksi. Berulangnya proses peregangan otot dan kontraksi itulah yang membuat pertumbuhan otot dan tulang menjadi lebih cepat dan lebih kuat.

Yoga

Proses peregangan tubuh ketika melakukan yoga dengan memutar tulang dan otot, secara alami akan dapat memacu proses pertumbuhan tinggi badan. Terlebih saat ini telah ditemukan beberapa pose yoga yang dipercaya sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan otot dan tulang.

Pose yoga yang khusus untuk membantu pertumbuhan tinggi badan tersebut diantaranya adalah: tree pose, mountain pose, Surya Namaskar, triangle pose, Chakrasana, Adho Mukha Syanasana dan sejumlah pose lainnya.

Yoga sebagai olahraga peninggi badan tidak hanya sebatas pada pose dan gerakannya saja, tapi juga pada pelatihan pernapasan. Karena saat melakukan pernapasan yoga, stress akan terlepas, beban pikiran akan hilang, begitu juga dengan ketegangan pada sendi dan otot. Dengan kondisi tubuh dalam keadaan santai itulah hormon pertumbuhan akan dapat mengalir dengan lancar.

Bersepeda

Aktifitas bersepeda tidak hanya efektif untuk mencegah serangan jantung dan mengatasi penyakit paru-paru, tapi juga  dapat membantu proses pertumbuhan tinggi badan. Hal tersebut disebabkan karena pada saat mengayuh sepeda, pasokan darah yang menuju ke lutut dan otot paha meningkat sehingga dapat merangsang pertumbuhan tulang. Selain itu, olahraga bersepeda juga membuat oksigen dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh yang membuat tubuh bagian atas bertambah kuat.

Usia Paling Efektif untuk Menambah Tinggi Badan

Meskipun tinggi badan ideal adalah impian setiap orang, tetapi perlu diketahui juga bahwa ada masa-masa pertumbuhan yang paling efektif untuk memaksimalkan tinggi badan. Secara umum hormon pertumbuhan bekerja maksimal di usia 17-20 tahun pada pria dan 14-15 tahun pada wanita. Termasuk pertambahan tinggi badan.

Anda dapat memaksimalkan asupan nutrisi dan menerapkan olahraga peninggi badan secara rutin di masa-masa ini. Adapun beberapa orang masih terjadi pertambahan tinggi badan sampai usia 25 tahun meskipun sangat jarang terjadi.

Pentingnya Mengatur Pola Hidup untuk Kesehatan

Pola hidup sehat tentu sangat penting perannya dalam membantu proses pertumbuhan. Usahakan untuk makan makanan seimbang, cukup minum air putih agar metabolisme dalam tubuh lancar. Selain itu, harus cukup tidur karena hormone pertumbuhan (HGH) bekerja maksimal ketika tidur.Sikap tubuh tegak ketika berdiri ataupun duduk.Hindari stress berlebih alihkan ke hal-hal positif seperti menekuni hobi dan sebagainya.

Hindari minuman beralkohol, selain memicu berbagai penyakit minuman beralkohol juga dapat menghambat pertumbuha dan jangan merokok. Merokok memiliki dampak negative terhadap kesehatan alangkah lebih baik dihindari.Pola hidup sehat dan usia yang tepat sangat menunjang efektifitas olahraga peninggi badan, selamat mencoba. (Agus Kurniawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *