Aksi Sosial PWI Jember di Sepanjang Bulan Ramadhan 1441 H

Ketua PWI Jember

JEMBER, situstalenta – Pandemi corona yang mengotori sucinya bulan Ramadhan 1441 H membuat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember tergerak untuk melakukan rangkaian aksi sosial. Salah satu aksi tersebut tentu saja adalah berusaha untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah kecamatan yang ada di kabupaten Jember.

Penyemprotan disinfektan itu sendiri sebenarnya telah dilakukan oleh PWI yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jember sebelum bulan Ramadhan datang. Hanya saja, jika awal penyemprotan hanya dilakukan di lingkungan perkotaan utamanya di sejumlah lokasi Pujasera, maka selama bulan Ramadhan lokasi penyemprotan disinfektan diperluas hingga ke sejumlah kecamatan.

“Melihat situasi Jember yang semakin memburuk terkait penyebaran virus corona, harapan kami apa yang kami lakukan ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid—19,” kata Ketua PWI Jember, Sigit Edi Maryanto.

Ketua PWI Jember ini juga menghimbau kepada rekan-rekan seprofesi utamanya yang bertugas di lapangan, agar selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas, mengingat profesi wartawan mengharuskan untuk bertemu dengan banyak orang dan dengan berbagai macam profesi yang tidak menutup kemungkinan salah satu diantara mereka ada yang telah terjangkit virus corona.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, aksi sosial yang dilakukan PWI Jember selama bulan  Ramadhan adalah membagikan membagikan sembako, mie instan dan masker kepada kaum dhuafa serta menyantuni anak-anak yatim piatu.

Pembagian sembako, mie instan dan masker dilakukan PWI Jember yang bekerjasama dengan Kepolisian Resor Jember, sedang untuk santunan kepada anak-anak yatim piatu dilakukan dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilaksanakan pada 19 Mei 2020.

Santunan kepada anak-anak yatim piatu dilakukan dengan mengajak 33 anak-anak yatim piatu ke salah satu mall yang ada di Jember dan memberikan kebebasan kepada anak-anak yatim piatu tersebut untuk memilih sendiri baju baru, celana dan sepatu  yang mereka  kehendaki dengan didampingi anggota PWI.

Sebelumnya, anak-anak tersebut dijemput dari rumah masing-masing oleh anggota kepolisian atas perintah Kapolres Jember, Ajun Komisaris Besar Polisi Supriyono, untuk diantar ke salah satu mall. Sebelum memasuki mall anak-anak terlebih dahulu mencuci tangan dan mengenakan masker.

Selanjutnya, mereka dengan leluasa memilih baju baru yang diinginkan karena pihak PWI telah berkoordinasi dengan pengelola mall untuk memberikan waktu khusus kepada anak-anak guna menghindari antrean.

Menurut Sigit, santunan kepada anak-anak yatim piatu dengan membelikan baju baru sesuai dengan yang mereka kehendaki dan dipilih langsung oleh mereka di salah satu mall merupakan agenda tahunan dari PWI.

“Untuk kali ini merupakan pelaksanaan yang ketiga dan mudah-mudahan akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya,” harap Ketua PWI Jember ini. (Maji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *