01/12/2021

Bangkitkan Perekonomian Nasional Lewat Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Situstalenta – Bertempat di Cafe Sawah, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno meluncurkan program Kemenparekraf bertajuk “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”.

Dalam acara yang digelar pada 22/05/2021 tersebut, Salahudin Uno ditemani oleh dua orang seniman Jawa Timur yang namanya cukup populer di tanah air, yaitu Deni Cak Nan yang merupakan penyanyi dan pencipta lagu serta Cak Precil yang dikenal dengan lawakannya yang mengocok perut.

Menparekraf, Salahudin Sandiaga Uno

Sebanyak 700 desa wisata se-Indonesia nantinya akan dimasukkan ke dalam database Kemenparekraf dan dilakukan penilaian terhitung sejak bulan Agustus 2021. Berdasarkan hasil penilaian itulah akan dipilih 4 Desa Wisata terbaik dan 1 Desa Wisata Terfavorit.

Nama-nama Desa Wisata yang masuk kategori terbaik dan terfavorit tersebut akan diumumkan pada acara malam puncak Anugerah Desa Wisata Indoensia 2021 yang akan digelar pada 7 Desember 2021.

Dalam sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Sandiaga berharap program ini dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, serta mendorong daerah-daerah lain untuk menciptakan desa wisata baru yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

“Agar ekonomi kita pulih, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menciptakan kembali lapangan kerja, kedua dengan meningkatkan keterampilan dan kemampuan dari  pengelola desa wisata untuk beradaptasi dengan teknologi digital, agar peluang-peluang masa depan bisa didapat, agar kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan kita bisa jadi pemenang!”, ungkap Salahudin Uno.

Cafe Sawah

Diantara sekian banyak Desa Wisata yang ada di Indonesia, salah satu yang terbilang sukses dalam menyedot wisatawan dan mendongkrak perekonomian warga desa adalah Cafe Sawah yang dijadikan tempat launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Area persawahan yang berada di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang ini, saat masih dimanfaatkan untuk bercocok tanam, setiap tahunnya untuk setiap hektar lahan memberikan penghasilan sekitar Rp.100 juta.

Namun setelah dilakukan pendekatan ekonomi kreatif dengan menjadikannya sebagai objek wisata, area tersebut kita bisa menghasilkan milyaran rupiah setiap tahunnya. Tidak heran jika Salahudin Uno berharap agar keberadaan Cafe Sawah dapat menjadi contoh dan memotivasi desa-desa lainnya yang ada di Indonesia.

Launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Keberadaan  Cafe Sawah juga mendapat pujian khusus dari Deni Cak Nan serta merekomendasikan para wisatawan untuk berkunjung ke sini, karena apa yang disajikan objek wisata ini memang sangat menarik.

Hal yang sama juga disampaikan Cak Precil yang menilai bahwa Cafe Sawah tidak hanya menyugughkan pemandangan yang memukau tapi juga memberikan fasilitas yang lengkap sebagai tempat wisata.

“Disini banyak tempat-tempat bagus untuk berfoto. Sekarang ini, saat berwisata yang paling penting kan foto. Selain itu, disini juga ada banyak tanaman, homestay dan masih banyak lagi fasilitas yang lain. Pokoknya komplit,” tutur Cak Precil. (Maji)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *