01/12/2021

Bangun Sinergitas, Karang Taruna “Nusantara” Tegalsari Kunjungi Semua Calon Kepala Desa

Anjangsana Pengurus Kartar Nusantara ke rumah salah satu calon Kepala Desa Tegalsari - Ambulu

Anjangsana Pengurus Kartar Nusantara ke rumah salah satu calon Kepala Desa Tegalsari - Ambulu

situsTalenta.com – Netralitas ditunjukkan karang taruna Nusantara dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu yang akan berlangsung pada 25 November 2021 yang akan datang.

Sikap netral tersebut ditunjukkan dengan melakukan anjangsana pada hari Sabtu, 20/11/2021 ke semua calon Kepala Desa yang mengikuti kontestasi. Anjangsana tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Kartar Nusantara, Slamet Mulyono yang didampingi Seksi Lingkungan Hidup, Seksi Pendidikan, Seksi Humas, Seksi Kerohanian dan Bidang Kemitraan.

Sedang kelima calon Kepala Desa Tegalsari yang malam itu dikunjungi oleh para pengurus kartar adalah: Joko Irwanto, Mochammad Jais Efendi, Muhammad Anang Junaidi, Tri Astutik Handayani dan Slamet Riyadi.

Menurut Slamet, anjangsana ke semua calon kepala desa tersebut untuk menunjukkan bahwa karang taruna siap mendukung siapapun kepala desa yang nantinya akan terpilih.

“Selain itu, dengan membangun komunikasi dengan semua calon kepala desa harapan kita nantinya akan lebih mudah dalam bersinergi saat salah satu dari para calon tersebut terpilih. Karena bagaimanapun juga desa wajib memiliki organisasi yang bernama karang taruna dan karang taruna juga harus bisa merealisasikan program pemerintah desa dalam membangun generasi muda,” papar Slamet.

Dukungan Calon Kepala Desa

Dalam anjangsana yang dilakukan secara maraton, para pengurus kartar Nusantara disambut dengan tangan terbuka oleh para calon Kepala Desa Tegalsari.

Tidak hanya itu, seluruh calon Kepala Desa juga memberikan dukungan terhadap keberadaan karang taruna di Desa Tegalsari dengan menyampaikan berbagai program yang akan diusung jika mereka nantinya terpilih.

Para pengurus kartar juga mendapatkan berbagai masukan dari para calon kades baik seputar pengembangan organisasi kartar yang saat ini beranggotakan 60 orang maupun masukan terkait program-program dari kartar.

“Bagaimanapun juga karang taruna itu anaknya desa. Jadi kalau PKK ibuke, Kepala Desa bapake maka karang taruna yang menjadi anaknya. Kalau semua berjalan dengan baik, maka desa dipastikan akan maju,” ungkap Tri Astutik Handayani.

Mengingat kartar adalah lembaga yang menjadi milik seluruh warga, maka calon kades nomor 4 ini berpesan, agar kartar tidak ikut berpolitik dalam pilihan Kepala Desa.

“Karena karang taruna ini lembaga, maka jangan sampai anak karang taruna bermain politik dalam pilkades, ini titipan saya,” kata Tutik.

Sementara pesan dari calon Kades no.1 Joko Irwanto: karang taruna sebisa mungkin tetap menjaga kekompakan, karena keberadaan karang taruna sangat dibutuhkan untuk membangun Desa Tegalsari.

“Jika nanti saya terpilih, saya berharap program-program karang taruna dapat dimasukkan ke dalam program desa. Untuk itu, apa yang ada di Desa Tegalsari harus bisa kita digali untuk dikembangkan dan diberdayakan,” pesan Joko.

Sementara calon Kades no.3 Anang Junaidi berpesan agar kartar dapat menjalankan tupoksinya sebagai organisasi resmi desa dengan menunjukkan sikap netralitas serta tidak kehilangan sikap kritis dalam mengawal roda pemerintahan desa.

“Harapan saya: karang taruna nantinya dapat lebih tanggap dalam membantu menjembatani berbagai bidang kemasyarakatan di berbagai sektor, misalnya di bidang sosial kemasyarakatan. Selain itu, karang taruna juga harus memperbanyak kegiatan kreatif yang berdampak positif agar dapat mengangkat nama desa secara umum, khususnya bagi organisasi karang taruna itu sendiri,” papar Anang.

Dukungan yang sama juga diberikan oleh calon Kades no.5 Slamet Riyadi yang berjanji akan selalu bekerja sama dengan karang taruna serta mendukung program-program kartar.

“Jika saya terpilih, saya akan berusaha untuk menambah dana operasional karang taruna, agar perannya di masyarakat dapat lebih dirasakan,” janji Slamet.

Sedang calon Kades no.2 Jais Efendi menjanjikan akan lebih mengoptimalkan peran karang taruna sebagai perekat antar sesama kelompok masyarakat dan berbagai kelompok masyarakat yang berbeda. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *