Bersua Siti Khotijah, S.Pd., Pendongeng Multi Talenta

Siti Khotijah, S.Pd.

Siti Khotijah, S.Pd.

Tiga Anak

Bu Hot kelahiran 17 September 1968. Pada tahun 2008, bersama keluarga, dirinya mendirikan Taman Penitipan Anak (TPA) Siti Khotijah. Rupanya, masyarakat Ambulu dan sekitarnya pada tahun

 2000-an sudah mulai menyadari pentingnya pendidikan usia dini bagi putra-putrinya.

Balitanya tidak lagi dititipkan kepada tetangga atau seseorang yang kurang memahami tentang pentingnya pelatihan fungsi otak kanan (kreativitas). Oleh sebab itu, semakin hari semakin banyak orang tua yang mempercayai adanya TPA.

Ada tiga anak yang mengawali dibukanya lembaga PAUD tersebut. Dua orang yang sudah menjalani training menjadi pengasuh anak-anak balita itu. Sekarang, PAUD Siti Khotijah yang beralamat di Jalan Raya Suyitman, ( depan kantor Koramil ) itu mengasuh 50 anak balita.

Alumni SMANA dan Unmuh Jember ini selanjutnya menjelaskan bahwa anak-anak usia 1 bulan sampai usia 2 tahun, menjadi peserta TPA. “ Sedangkan bagi anak-anak usia 2 tahun sampai 4 tahun, sebagai peserta Kelompok Bermain (KB). Dan…, seorang anak yang telah berusia 4 tahun hingga umur 6 tahun, masuk katagori sebagai siswa Taman Kanak-Kanak (TK),” urainya

Setahun setelah lulus SMANA tahun 1988, anak ke-5 dari 7 bersaudara ini mengawali karier sebagai pendongeng dan pendidik di TK ABA1, Ambulu. Sempat sebentar menjadi guru di SMP Muhammadiyah 15 Ambulu.

Namun, panggilan jiwanya menuntut dirinya kembali berkutat dengan anak-anak balita lagi. Tercatat, tahun 1998 mbabat alas alias mengawali membuka lembaga Play Grup (ABA 4 ) yang berada di kompleks SMP Islam, Ambulu. Setelah berjalan lancar, dimutasi untuk membenahi K ABA 2 yang beralamat di Tegalsari.

“Terakhir, menjabat kepala sekolah di TK ABA Kaliwates,” kenangnya.


Kisah Pendongeng Multi Talenta ini masih berlanjut di halaman ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *