Bersua Siti Khotijah, S.Pd., Pendongeng Multi Talenta

Siti Khotijah, S.Pd.

Siti Khotijah, S.Pd.

Musholla Keluarga

Segala sesuatu tidak bisa diraih dengan cara instan. Termasuk mendongeng. Bu Hot pun memulai kariernya sebagai pendongeng dan pendidik sejak masih usia kanak-kanak. Sehabis sholat Subuh dan sholat Magrib, keluarga besarnya menempa dirinya dengan berbagai ilmu agama di musholla keluarga.

Ada pembelajaran akhlak, tajwid, qiro’ah, dan retorika atau berpidato. “Sejak usia dini ayah mendidik saya untuk punya prinsip: Berani karena benar serta Jangan jadi anak pengecut, akui salah kalau memang berbuat salah,”tuturnya.

Selain mendapat tempaan di bidang agama yang ketat, Bu Hot juga senang membaca. Majalah anak-anak Bobo menjadi bacaan wajib. “Suatu hari saya penasaran. Pengin kirim surat. Pengin nulis puisi seperti anak-anak SD yang karya dan namanya menghiasi halaman majalah Bobo tersebut. Waktu itu saya ingat, saya duduk di kelas 6. Sejak itu saya juga mulai menyukai baca dongeng,” kenangnya lagi.

Setelah duduk di bangku SMP, rasa percaya diri Kotijah kecil semakin tinggi. Ia mulai aktif mengikuti kegiatan poetry reading (baca puisi) dalam event kemah Pramuka maupun pembelajaran di kelas.

“Ada kisah lucu saat saya bersekolah di SMP,” ungkapnya seraya tersenyum. “Saat itu saya dan 4 teman laki-laki membentuk grup lawak. Di antara ke-4 teman cowok itu gak ada satu pun yang bertampang ganteng. Karena saya merasa yakin bahwa saat naik pentas, itu adalah pentas kami, menjadi panggung untuk mengeksploitasi diri, maka kami enjoy saja. Sambutan dari penonton luar biasa. Bagi kami, wajah pas-pasan gak perlu dipermak jadi seolah-olah ganteng. Malah gak bikin lucu,”urainya.

Penemuan jati diri sebagai pendongeng mulai tampak saat duduk di bangku SMA. Lewat kegiatan jurnalistik dan kebahasaan serta ekskul lain, Kotijah muda semakin percaya diri akan passionnya. Dirinya mulai suka menulis. Apalagi saat kuliah penggemar menu asli Nusantara ini bertemu dengan Drs. Iman Suligi, seorang sastrawan dan Pak Gatot seorang seniman Jember. Dirinya tak ragu-ragu melangkah sebagai pendongeng.

Bagi orang tua yang mempunyai anak usia dini, bisa meminta Bu Hot mendongeng di rumah atau di tempat lain pada saat momen peringatan ulang tahun atau momen bahagia lainnya. Dirinya bisa dihubungi lewat no WA: 0821 3261 8917.

Dia pun berpesan kepada para orang tua untuk memberikan pendidikan sesuai dengan usia sang anak. “Hendaknya tidak iri kepada anak-anak orang lain yang menunjukkan kemampuan yang berbeda. Setiap anak punya kelebihan dan kekurangan nsding-masing. Fokus kepada putra-putri bapak-ibu sendiri saja, nggih…” pungkasnya. (sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *