22/10/2021

BST KEMENSOS Bakal Cair Lagi, Ini Cara Mengeceknya

BST Kemensos

JAKARTA, situstalenta.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (KEMENSOS) yang sempat terhenti setelah penyaluran terakhir pada bulan April 2021, dipastikan akan digelontorkan kembali dalam waktu dekat.

Keputusan pemerintah untuk menyalurkan kembali BST menyusul diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 – 20 Juli 2021. PPKM Darurat sendiri memberi dampak pada berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi.

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers secara online menyampaikan bahwa opsi bansos muncul setelah mendapat instruksi dari Presiden agar kebijakan pemerintah tidak menambah penderitaan rakyat.

“Kami sepakat bansos akan digulirkan lagi. Tadi Bu Risma, Menkeu, Gubernur BI dan kami ketemu serta sepakat untuk kita bantu lagi. Pemulihan ekonomi terjadi di pertengahan tahun 2021,” terang Luhut.

Penerima BST adalah masyarakat miskin yang belum terdata pada DTKS dan terdampak pandemi. Sementara BST yang cair pada bulan Juli merupakan gabungan periode Mei dan Juni, sehingga penerima akan mengantongi Rp.600.000 sekaligus.

Mekanisme penyaluran BST masih sama seperti sebelumnya yaitu melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Kantor Pos. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah dirinya termasuk penerima BST atau tidak, dapat melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka aplikasi browser baik melalui HP, PC maupun laptop lalu akses: https://cekbansos.kemensos.go.id atau KLIK DI SINI.

 2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan dari penerima manfaat BST.

3. Masukkan nama penerima manfaat BST sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode. Jika kode tidak jelas, klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru, Klik tombol pencari data.

5. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan, apakah nama Anda masuk/tidak dalam daftar penerima BST.

Perlu diketahui bahwa selama periode Januari – Mei 2021, BST Kemensos sudah dicairkan ke 9,7 juta KK. (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *