Ciptakan Kelas Virtual dengan Google Classroom

Google Classroom

situstalenta.com – Dibalik dampak negatif dari wabah virus Covid-19 terselip beberapa dampak positif, salah satunya adalah meningkatnya kesadaran guru akan pentingnya teknologi dalam aktivitas belajar-mengajar. Sebab, selama dalam situasi physical distancing, mau tidak mau guru harus membangun kelas virtual untuk dapat menyampaikan materi ajar kepada peserta didik.

Mengingat kondisi yang sama masih akan terus berlangsung hingga beberapa bulan kedepan, maka wajib kiranya bagi para guru untuk semakin meningkatkan kompetensinya dibidang teknologi, utamanya yang terkait dengan sistem belajar daring yang merupakan platform penting sebagai jembatan penghubung antara guru dengan siswa.

Salah satu platform yang menarik untuk digunakan dan memang telah banyak dipakai para guru dalam melaksanakan aktifitas belajar-mengajar dengan sistem daring adalah Google Classroom (GC).

Keunggulan Google Classroom

GC adalah platform pendidikan yang dapat membantu para guru dalam mengorganisir kelas virtual. Berbagai fitur yang terdapat dalam  platform ini akan memudahkan guru dalam menjalankan tugas-tugasnya, memperjelas komunikasi antara guru dengan siswa, dengan Kepala Sekolah dan juga dengan orang tua.

Keunggulan lain dari GC adalah terintegrasi dengan berbagai fitur Google for Education, seperti Google Slides, Google Docs, Google Drive serta yang lainnya. Tidak hanya itu, GC juga dapat diintegrasikan dengan platform pendidikan lainnya sehingga memiliki mobilitas yang lebih kompleks untuk digunakan sebagai platform pembelajaran.

Menariknya, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan tersebut, GC dapat diakses dengan gratis alias tidak berbayar. Para guru yang tertarik untuk memanfaatkannya, tinggal mendaftarkan diri di classroom.google.com, membuat kelas, serta membagikan kode kelas kepada siswa-siswanya.

Selanjutnya, setelah semua siswa memasuki kelas (virtual), guru dapat mengirimkan tugas disertai dengan info-info penting yang terkait dengan penugasan seperti; batas waktu pengumpulan tugas, sistem penilaian dsb.

Bagi guru yang baru pertama kali menggunakan platform ini dan masih belum paham tentang cara mengoperasikannya, tersedia tutorial yang bisa diakses di support google classroom sehingga tidak alasan untuk tidak paham tentang cara mengoperasikannya.

Google Classroom akan memberikan penjelasan secara terperinci tentang tahapan-tahapan yang harus dilakukan, seperti menggunakan “theme photo” sebagai “papan pengumuman”, memaksimalkan fungsi “reuse post” untuk mengajar kelas pararel serta yang lain.

Dengan memanfaatkan fungsi “reuse post” misalnya, guru dapat memilih dan mengirimkan ulang tugas dari kelas berbeda. Selain itu fitur ini juga dapat dipakai untuk sharing dengan guru yang mengampu mata pelajaran atau kelas yang sama.

Tersedia pula fitur emoji untuk memberi penekanan atau meng-highlight sebuah tugas agar lebih diperhatikan oleh siswa, memberikan penilaian dan feedback secara real time, memungkinkan siswa untuk dapat mengakses materi ajar dan penugasan yang diberikan guru, siswa dapat mengumpulkan tugas secara online, melihat nilai dari masing-masing penugasan, dan sebagainya.

Dengan menggunakan Google Classroom,  guru dapat mengirimkan tugas kepada seluruh kelas atau hanya kepada siswa tertentu dan dalam memberikan tugas pun bisa memilih kategori berdasar pada tingkat kesulitan atau penilaian. Penugasan yang diberikan bisa dalam bentuk PR, test atau quiz, midtest, project serta yang lain.

Dengan kemampuan melakukan pengkategorian tersebut akan membuat guru lebih mudah dalam memberikan penilaian berdasarkan bobot nilai setiap asesmen. Hal ini menjadikan guru dapat leluasa dalam memberikan penilaian berdasarkan beberapa aspek, sehingga penilaian dapat dilakukan dengan lebih  obyektif.

Terdapat pula fitur tenggat waktu berupa fitur yang dapat difungssikan untuk memberikan batas waktu yang bisa diintegrasikan dengan Google Calender sehingga guru dapat mengetahui beban tugas siswa dan siswa dapat mengatur skala prioritas. Fitur menarik lainnya adalah fitur yang dapat membuat guru dan siswa bisa saling memberi umpan balik maupun komentar terkait tugas penilaian yang diberikan.

Selanjutnya, pada akhir semester guru bisa mengunduh nilai siswa dalam bentuk Google Sheet untuk disalin ke dalam rapor berdasarkan urutan yang jelas, baik berdasarkan tiap siswa maupun penugasan.

Tidak hanya dapat dipakai untuk aktifitas belajar-mengajar antara guru dengan murid, Google Classroom yang sudah terintegrasi dengam Google Suite, juga dapat melibatkan orangtua untuk mengetahui tugas yang diberikan kepada siswa, sehingga mereka tahu apakah tugas yang diberikan tersebut sudah dikerjakan siswa atau belum serta berbagai aktifitas yang berlangsung dalam setiap pekan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Google Classroom tidak hanya dapat dipakai untuk pembelajaran jarak jauh, melainkan juga sangat membantu untuk pembelajaran normal, karena siswa dapat mengetahui dengan mudah tugas-tugas mana saja yang harus dikumpulkan serta kapan deadlinenya.

Itulah berbagai kelebihan yang dimiliki Google Classroom sehingga platform ini terbilang ideal untuk dipakai sebagai sarana pembelajaran jarak jauh dengan menciptakan kelas virtual. (Agus Kurniawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *