22/10/2021

Hendy Siswanto Paparkan Program Jember Smart City dalam Literasi Digital Nasional

Bupati Jember dalam webiner Literasi Digital Nasional

Bupati Jember dalam webiner Literasi Digital Nasional

JEMBER, situstalenta – Langkah-langkah untuk menciptakan Kabupaten Jember sebagai smart city atau Kota Pintar dipaparkan oleh Bupati Jember, Ir.H. Hendy Siswanto dalam Literasi Digital Nasional, Selasa (22/06/2021).

Diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari berbagai penjuru tanah air, program yang diselenggarakan Kementrian Komunikasi dan Informasi RI lewat zoommeeting tersebut mengusung tema “Indonesia Makin Cakap Digital”.

Hendy Siswanto yang bertindak sebagai Key Opinion Leader menjelaskan secara rinci langkah-langkah yang akan dilakukan Pemkab lewat program yang bertajuk “Wis  Wayahe Jember Bangkit dan Cakap Digital.

Menurutnya, langkah awal yang akan ditempuh adalah menciptakan smart village atau Desa Pintar.

 “Kalau desanya pintar, maka kotanya pun juga akan pintar. Nah di sini kami mengawali dengan penyelenggaraan pemerintah dengan pemanfaatan digital atau e-Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember,” terang Hendy.

Salah satu program yang dibangun dalam e-Governance tersebut adalah Jember Satu Data yaitu mengintegrasikan semua data di dalam pemerintahan Kabupaten Jember menjadi satu, baik secara sistem maupun aplikasinya.

Melalui Smart Governance itu pula nantinya akan dibangun sistem pemerintahan yang terintegrasi baik secara sistem maupun kinerja guna mempermudah pelayanan dan pengawasan kinerja pmerintahan.

“Dalam smart city tersebut ada 6 aspek yang kamik usung, di antaranya adalah smart living, smart economy, smart branding, smart environment, smart society dan smart governance,” papar Hendy.

Agar program tersebut dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan, Bupati Jember pun mengundang dan melibatkan para pegiat IT, akademisi, sektor swasta  serta masyarakat umum untuk berkolaborasi.

Literasi Digital Nasional

Literasi Digital Nasional merupakan program dari Kemenkominfo yang bekerja sama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi Gerakan Nasional Literasi Digital.

Tujuan dari program ini adalah agar pengguna teknologi tidak hanya mahir dalam menjelajah internet dan mengoperasikan teknologi tapi juga bertanggung jawab saat menggunakannya.

Literasi Digital Nasional merupakan Seri Modul yang berfokus pada empat tema besar, yaitu Cakap Bermedia Digital, Budaya Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Aman Bermedia Digital.

Lewat seri modul tersebut, masyarakat Indonesia diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia digital secara baik, produktif, serta sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan berbudaya, berbangsa, serta bernegara.

Seri Modul Literasi Digital Nasional merupakan rangkaian seri webinar bertajuk “Indonesia #MakinCakapDigital yang digelar dengan cara webiner dan menjangkau sebanyak 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (AK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *