22/10/2021

Hendy Siswanto Tegaskan Musik Patrol Warisan Budaya Asli Kabupaten Jember

Bupati Jember dalam Diskusi Bertajuk “Meneropong Warisan Budaya Tak Benda”

Bupati Jember dalam Diskusi Bertajuk “Meneropong Warisan Budaya Tak Benda”

JEMBER, situstalenta – Sejarah dan tradisi Musik Patrol di Kabupaten Jember, dipaparkan oleh Bupati Jember, Ir.H. Hendy Siswanto dengan menceritakan masa kecilnya saat ikut memainkan alat musik tersebut.

“Saat masih remaja, saya dulu bermain musik patrol. Awalnya di Jember ini hanya ada dua kampung yang mempunyai grup musik patrol yakni kampung Ledok dan kampung Kauman, lainnya belum ada. Saya main musik patrol mulai duduk di bangku SD, sekarang umur saya sudah hampir 60 tahun,” cerita Hendy di hadapan peserta diskusi yang mengambil tema “Meneropong Warisan Budaya Tak Benda”.

Kata Hendy, Musik patrol dimainkan setiap bulan Ramadhan dengan berjalan dari kampung ke kampung untuk membangunkan dan memberikan hiburan kepada masyarakat yang akan bersantap sahur. Hal tersebut  berlangsung turun temurun dan menjadi tradisi hingga sekarang.

Itu sebabnya Bupati Jember ini menegaskan bahwa musik patrol merupakan warisan budaya asli milik Kabupaten Jember.

“Warga Jember harus paham tentang apa yang dimiliki Kabupaten Jember dan musik patrol adalah warisan budaya kita. Ini merupakan langkah untuk meningkatkan kesadaran akan budaya milik kita sendiri supaya tidak diambil pihak lain,” tegas Hendy.

Selain itu, Bupati Jember juga berharap musik patrol nantinya dapat menggerakkan perekonomian  serta tidak hanya ditampilkan saat bulan Ramadhan saja, tetapi disepanjang tahun dan di berbagai event.

Dalam diskusi yang digelar di Wisata Puncak Rembangan, Selasa (22/06/2021)  tersebut turut hadir Wakil Bupati Jember, Jajaran Forkopimda, Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kominfo serta para budayawan.

Meski digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), jalannya diskusi dapat diikuti oleh seluruh masyarakat  karena ditayangkan secara langsung.

Pada kesempatan itu Pemkab Jember juga menyerahkan penghargaan kepada  Misnawar, maestro musik patrol yang juga pencipta lagu Watu Ulo. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Jember dengan didampingi Wakil Bupati, KH. MB Firjaun Barlaman. (SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *