22/10/2021

Ketua Dekranasda Jatim Apresiasi Produk UMKM Jember

Ketua Dekranasda Jatim Saat membuka Kegiatan Pelatihan Enterpreneurship Coaching

Ketua Dekranasda Jatim Saat membuka Kegiatan Pelatihan Enterpreneurship Coaching

situsTalenta.com – Berbagai produk handycraft, aneka tanaman, makanan dan minuman, serta olahan kopi khas Jember yang digelar pada kegiatan Bazar di Yonarmed 8/105 Jember, Kamis (7/10) mencuri perhatian Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Istri Wakil Gubernur Jatim ini bahkan mengapresiasi inovasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember karena berhasil menciptakan berbagai produk  olahan yang unik dan memiliki nilai jual seperti Kripik Gedebog Pisang dan Wedang Pokak kemasan instan yang menurut rencana akan dijadikan sebagai minuman khas Jember.

 “Saya borong Kripik Gedebog Pisang, karena ini adalah cemilan yang unik. Apalagi tadi saya lihat sudah dilengkapi dengan nomor P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) sudah pasti enak dan sehat,” kata Arumi.

Kedatangan Ketua Dekranasda Jatim tersebut dalam rangka membuka Kegiatan Pelatihan Enterpreneurship Coaching yang mengusung tema ‘Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Berbasis UMKM Untuk Jatim Bangkit Indonesia Maju’.

Pelatihan ini merupakan sinergitas antara Kodim 0824/Jember bersama dengan Garda Indag Korwil Jember, yang digelar sejak tanggal 7 hingga 9 Oktober 2021.

Dalam pelatihan enterpreneurship coaching yang diperuntukkan bagi masyarakat umum tersebut, pada hari pertama, peserta akan diajari cara pembuatan minuman herbal, hari kedua, diajari membuat barang kerajinan tangan, dan pada hari ketiga peserta mendapat pelatihan mengolah makanan sehat.

Selain itu, di lokasi pelatihan juga disediakan stand ‘Klinik IKM dan UKM’ hasil kerjasama antara UPT Perlindungan Konsumen dengan Disperindag Provinsi Jawa Timur. Stand ini dapat dimanfaatkan para pelaku UKM untuk berkonsultasi terkait produk yang dihasilkan, utamanya tentang fasilitas produk halal dan pendampingan.

Menurut Kepala UPT Perlindungan Konsumen Jember Tri Soebijantoro, SE.MM. selama ini UPT-PK bersama dengan Garda Indag getol melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM di kabupaten Jember.  

“Karena itu kehadiran Ibu Wakil Gubernur Jawa Timur merupakan angin segar sekaligus menjadi stimulan bagi kami termasuk ibu-ibu Persit dan Bhayangkari dalam melakukan edukasi dan pelatihan yang dapat memberikan nilai tambah bagi para pelaku UMKM di Jember,” ujar Tri Soebijantoro.

Selain menggelar Bazar dan Pelatihan Enterpreneurship Coaching, dalam waktu yang sama Kodim 0824/Jember juga menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat umum. Rangkaian kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76 dan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *