Kodim 0824 Jember, Bagikan Sembako Kepada Difable dan Penggali Kubur

Penyerahan Bantuan Sembako dari Kodim 0824/Jember kepada Penyandang Disabilitas dan Penggali Kubur

Penyerahan Bantuan Sembako dari Kodim 0824/Jember kepada Penyandang Disabilitas dan Penggali Kubur

JEMBER, situstalenta.com – Pandemi covid-19 yang berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat mendorong Komando Distrik Militer (Kodim) 0824 Jember menggandeng para pengusaha untuk bersinergi dalam membantu masyarakat terdampak dengan memberikan bantuan dalam bentuk paket sembako.

Penyerahan bantuan dilakukan di Aula Kodim 0824/Jember pada hari Jumat, 05/05/2020 dan diberikan kepada 50 orang penyandang disabilitas dan 140 orang penggali kubur. Adapun paket sembako yang dibagikan dalam bentuk beras 2,5kg, gula 1 kg, minyak 1 liter dan 1 botol air minum kesehatan Milagros.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kasdim 0824/Jember Mayor Inf. Sampak, karena Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf. La Ode Muhammad Nurdin pada saat yang bersamaan sedang ada kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan.

Dalam sambutannya Mayor Inf. Sampak menyampaikan bahwa pemberian bantuan tersebut merupakan wujud keperdulian terhadap sesama sekaligus untuk memotivasi para penggali kubur dan penyandang disabilitas agar tetap optimis dalam menghadapi situasi sulit akibat pandemi covid-19.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 0824/Jember berharap agar sinergitas dari para pengusaha dan Kodim 0824 dapat terus ditingkatkan guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sangat mengharap dukungan dan suport dari teman-teman pengusaha untuk bersama-sama mengulurkan tangan dan bersinergi dengan Kodim 0824 Jember dalam membantu masyarakat yang terdampak covid-19,” kata La Ode Muhammad Nurdin

Safari Tahajud

Bersinergi dengan para pengusaha untuk dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi corona virus sebenarnya bukan aksi sosial yang pertama kali dilakukan oleh Kodim 0824/Jember. Sebelumnya telah banyak aksi sosial lain yang telah dilakukan salah satunya adalah “Safari Tahajud”.

“Untuk Safari Tahajud mulai kita laksanakan sejak saya menjabat di sini yaitu Akhir Agustus 2019. Namun karena dampak penyebaran covid-19, pada akhir Maret 2020 program tersebut kita hentikan untuk sementara waktu,” terang Komandan Kodim 0824/Jember.

Komandan Kodim 0824/Jember
Komandan Kodim 0824/Jember

Safari Tahajud itu sendiri digelar dari satu kecamatan ke kecamatan lain, dan hingga pelaksanaannya dihentikan, sudah 28 kecamatan yang telah dikunjungi Komandan Kodim 0824/Jember sehingga tinggal menyisakan 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Kencong, Jombang dan Sumberbaru.

“Untuk tempat pelaksanaannya kita gelar di tengah-tengah masyarakat. Bisa di pondok pesantren, masjid, mushollah serta tempat yang lain. Tergantung dari koordinasi Danramil dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di lingkungan sekitar,” kata Letkol Inf. La Ode Muhammad Nurdin.

Terkait dengan tujuan dari kegiatan Safari Tahajud tersebut menurut Komandan Kodim 0824/Jember selain untuk mengajak masyarakat agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT juga  untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui kegiatan religius.

“Saya melihat kultur budaya di Jember ini sarat dengan nilai-nilai religi. Karena itu pendekatan yang paling efektif dengan masyarakat adalah melalui aktifitas religi, salah satunya dengan sholat tahajud. Insya Allah dengan menjalankan sholat tahajud secara rutin,  kita akan selalu dimudahkan dalam menjalankan tugas. Karena apapun yang kita lakukan pasti ada campur tangan dari yang Maha Kuasa,” ungkap La Ode Muhammad Nurdin.

Dengan kondisi yang semakin kondusif memasuki masa new normal, La de berencana untuk melanjutkan lagi kegiatan yang sempat tertunda tersebut pada minggu depan.

“Insya Allah akan kita lanjutkan lagi dengan mengedepankan protokoler kesehatan sebagaimana melaksanakan sholat Jumat. Karena walaupun sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang bisa dilaksanakan perorangan, tapi dengan mengajak masyarakat berdoa tentu sangat jauh lebih penting, terlebih di tengah kondisi yang serba sulit akibat pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Maji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *