22/10/2021

Koordinasi Pengawasan Rokok Ilegal oleh Bea Cukai Banyuwangi dan UPT PSMB-LT Jember

Kunjungan Bea Cukai Banyuwangi ke UPT PSMB-LT Jember

Kunjungan Bea Cukai Banyuwangi ke UPT PSMB-LT Jember

situsTalenta.com – Bertempat di ruang Rapat Kasturi di UPT PSMB LT Jember, Ir..Siti Andriati Widartien, menerima kunjungan 2 orang utusan Bea Cukai Kabupaten Banyuwangi.

Kunjungan terserbut dalam rangka koordinasi pengawasan rokok illegal dan kemampuan laboratorium pengujian untuk uji kadar tar dan nikotin pada rokok serta validasi laporan hasil pengujian produk hasil tembakau.

Siti menguraikan materi tentang definisi rokok, nikotin dan tar serta dasar hukum pelaksanaan uji kandungan tar dan nikotin sesuai PP No.109 tahun 2012 pasal 9 sampai pasal 11, tentang pengujian menggunakan peralatan linier smoking machine.

Adapun pengujian tar dan nikotin berdasarkan Pergub 32 tahun 2021 sebesar 1.100 per contoh.

Pemantauan dokumen dapat dilihat melalui link tracking.disperindag.jatimprov.go.id dengan memasukkan nomor pesanan yang diberikan oleh pihak UPT tersebut.

Kesimpulan hasil dari I Komang Rudi Setiawan terdapat kesepakatan baru antara bea cukai banyuwangi dan UPT terkait  hal dokumen pengujian tar dan nikotin.

Semula pengusaha menggunakan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC), sekarang bisa menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Ijin Usahas (SIU) untuk menjalin kerja sama antara bea cukai dan UPT demi mendukung legalitas perizinan pengusaha pabrik hasil tembakau.

“Semoga sinergi antara UPT dan Bea Cukai Banyuwangi tetap terus berlangsung demi mendukung keselarasan pelaksanaan perizinan dengan peraturan perundangundangan yang ada,” ucap komang. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *