20/01/2022

Kunjungi PT Natobin, Plt Kepala UPT PSMB-LT Jember Apresiasi Upaya Diversifikasi Produk Tembakau

Pj Kepala UPT PSMB-LT Jember

situsTalenta.com – Tidak hanya melakukan diversifikasi tembakau dengan memproduksi nikotin cair, tapi juga melakukan rekondisi tembakau dengan menjadikan tembakau rusak serta batang pohon tembakau yang selama ini dibuang untuk diolah dan dijadikan bahan campuran rokok.

Hal itulah yang dilakukan PT Natobin Tobacco International yang berlokasi di Maesan, Bondowoso.

Langkah diversifikasi sekaligus rekondisi tembakau yang dilakukan Natobin ini menarik perhatian banyak pihak, tidak terkecuali Plt Kepala UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau (PSMB-LT) Jember, Tri Soebijantoro, S.E., M.M.

Untuk melihat proses produksi yang dilakukan PT Natobin, Tri Soebijantoro melakukan kunjungan kerja pada Sabtu siang (18/12/2021) usai meninjau kegiatan Pasar Meriah di halaman Kantor Bakorwil V Jember.

Kunjungan Kepala UPT PSMB – LT Jember ini disambut langsung oleh Chairman dan CEO PT Natobin Tobacco International, Ismu Handoko.

Mengolah Limbah

Bertempat di ruang kerjanya, Ismu Handoko menjelaskan kepada rombongan dari UPT PSMB-LT Jember bahwa pada dasarnya perusahaan yang dia kelola mengolah limbah tembakau untuk dijadikan berbagai produk, utamanya nikotin cair dan clove cigarrette atau bahan campuran untuk pembuatan rokok.

Pj Kepala UPT PSMB-LT Jember

Limbah tembakau yang dimaksud adalah tembakau yang sudah rusak serta batang pohon tembakau yang selama ini cenderung dibuang oleh para petani.

Dengan memanfaatkan mesin yang dimiliki PT Natobin, limbah tersebut diolah dan dijadikan produk baru yang bermanfaat bagi industri rokok, seperti nikotin cair untuk pembuatan vape dan clove cigarrette untuk pembuatan rokok kretek dan filter.

Menariknya, pengolahan limbah tersebut tanpa sedikitpun menghasilkan limbah karena proses produksi secara keseluruhan menggunakan tenaga listrik.

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang pernah dikunjungi Kepala Disperindag Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Drajat Irawan,S.E. M.T., pada 15/06/2021 tersebut tidak hanya menarik minat pasar lokal, tapi juga mendapat banyak permintaan dari pasar Internasional seperti dari Malaysia dan Korea Selatan.

Tingginya permintaan pasar dari dalam dan luar negeri itulah yang membuat PT Natobin saat ini tengah menambah unit produksi dengan memperluas pabrik serta menambah mesin produksi.

“Awalnya, sekitar tahun 2015 Gunung Raung meletus yang mengakibatkan tembakau banyak yang rusak termasuk kepunyaan PTP Nusantara X. Saat itu kita bingung, tembakau yang rusak ini mau diapakan?,” cerita Ismu tentang sejarah awal berdirinya PT Natobin.

“Akhirnya kita punya gagasan untuk mengolah tembakau yang rusak termasuk gagang tembakau menjadi produk yang bermanfaat. Sebelum merealisasikan gagasan tersebut, kita meminta bantuan pemikiran dari banyak pihak, termasuk dari UPT PSMB-LT Jember yang saat itu dipimpin Bu Desak,” tambah Ismu.

Apresiasi Pj Kepala UPT PSMB-LT Jember

Pj Kepala UPT PSMB-LT Jember

Setelah memberikan penjelasan panjang lebar seputar perusahaan yang dia kelola di ruang kerjanya, pengusaha yang juga ASN berusia 46 tahun tersebut mengajak rombongan dari UPT PSMB-LT Jember untuk melihat langsung mesin produksi yang dimiliki PT Natobin sekaligus menjelaskan sistem kerjanya.

Tidak lupa dia tunjukkan hasil produksi dari mesin tersebut sekaligus meminta para tamu untuk mencoba clove cigarrtte yang sudah dilinting menjadi rokok.

“Apa yang dilakukan PT Natobin ini layak untuk diapresiasi, tidak saja karena telah mampu melakukan diversifikasi terhadap produk tembakau tapi juga memanfaatkan limbah tembakau untuk dijadikan produk yang memiliki nilai tambah tinggi,” tutur Plt Kepala UPT PSMB-LT Jember ini.

Tri Soebijantoro bahkan berkeyakinan, PT Natobin akan berkembang dengan pesat dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, mengingat sedikitnya kompetitor untuk produk yang sama dengan produk yang dihasilkan PT Natobin Tobacco International. (AK/DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *