01/12/2021

Kurangi Pengangguran, BLK Jember Gelar JMF Virtual

Job Market Fair

Job Market Fair

situsTalenta.com – Job Market Fair atau bursa lowongan kerja setiap kali berlangsung dipastikan dibanjiri oleh pencari kerja, hal itu menandakan angka pengangguran saat ini tidak semakin berkurang namun bertambah.

Kondisi ini terlihat pula di Jawa Timur.  tidak terkecuali di Jember. Bahkan lulusan sekolah lanjutan seperti SMA, SMK dan MA mendominasi jumlah pengangguran saat ini.

Selain itu kenaikan jumlah pengangguran disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tidak sedikit orang menganggur karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan.

Hal itulah yang memunculkan keinginan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur dalam hal ini UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jember menggelar Job Market Fair (JMF).

Sutrisno, Kepala BLK Jember kepada wartawan menegaskan, JMF tersebut tidak hanya  untuk warga yang ber-KTP Jember namun juga pencari kerja dari kabupaten lain boleh mengikuti kegiatan tersebut.

Job Market Fair
Job Market Fair

Pria asal Madiun itu menambahkan, mengingat saat ini kondisi belum steril dari pandemi, maka JMF digelar secara virtual dan off line.

“Informasi lowongan kerja ini bisa dilihat di website Disnakertrans Jatim dan BLK Jember. Beragam posisi jabatan ditawarkan oleh perusahaan untuk pencari kerja.”ungkap Sutrisno

Informasi lowongan pekerjaan itu bisa dilihat di website tersebut dari tanggal 2-10 Nopember 2021 dan pada tanggal 11 Nopember JMF ini diselenggarakan secara off line. Mereka cukup menaruh lamaran di BLK Jember tanpa wawancara di tempat.

Bahtiar Santoso, pejabat BLK Jember, usai menaruh surat lamaran kerja dan mengisi daftar kehadiran, pencari kerja langsung pulang dan menunggu balasan dari perusahaan untuk menjalani wawancara.

“Alhamdulilah perhelatan JMF berlangsung sukses tanpa adanya hambatan. Acara kali ini diikuti oleh 21 perusahaan swasta berskala nasional dan terdapat 609 lowongan pekerjaan serta 2.987 orang yang akan berebut kesempatan kerja di JMF ini.”kata Bahtiar. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *