22/10/2021

Laksanakan Program MBKM, Mahasiswa FISIP UM Jember Pilih Magang Kerja Dan Kuliah Kerja Tematik

JEMBER, situstalenta.com – Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Unmuh Jember akan segera menarik mahasiswa yang melakukan program Magang Kerja di sejumlah perusahaan di Jember dan Bondowoso.

Menurut Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Sudahri, M.I.Kom, sekitar 37 mahasiswanya sudah hampir 5 bulan ini, melaksanakan program magang kerja sesuai minatnya, dibeberapa perusahaan. Program ini merupakan implementasi Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kemendikbud.

“Jadi melalui Program MBKM, mahasiswa yang sudah masuk semester 5 sampai 7, harus memilih tetap kuliah di kampus atau mengikuti program Pertukaran Mahasiswa, Magang Kerja, atau mengerjakan Proyek Independen,” ujar Sudahri.

Namun untuk semester genap ini, pilihannya kata Sudahri, ikut program Magang Kerja atau tetap kuliah di kampus, khusus bagi mahasiswa yang tercatat di Semester 6. “Alhamdulillah, ternyata mereka semua memilih ikut Program Magang Kerja di beberapa perusahaan yang telah kita tentukan,” lanjutnya.

Menurutnya, tempat magang mahasiswa difasilitasi Program Studi, setelah terlebih dahulu dijalin kesepakatan kerjasama (MoU), dengan beberapa lembaga. Sesuai dengan kompetensi dan keahlian mahasiswa, kata Sudahri yang baru selesai studi S-3 nya dari Unair ini, mahasiswanya ada yang magang di media massa cetak, seperti Radar Jember, Radar Bondowoso, televisi lokal, serta media online.

“Sebegaian besar malah memilih magang di sebuah lembaga di Bondowoso, yakni Yayasan Dharma Sayta Wangsa, Bondowoso. Yayasan ini mengelola lembaga kursus dan EO (event organizer) yang banyak mengerjakan proyek, terkait dengan  broadcasting dan audio visual. Jadi teman-teman mahasiswa bisa ikut mengerjakan proyek yayasan, sebagai sarana praktikum lapangan,’ jelasnya.

Dr. Sudahri, mengaku terkesan dengan karya mahasiswanya, yang kualitasnya tidak kalah dengan pekerja profesional. “Saya cukup puas, hasil karya mahasiswa Ilmu Komunikasi sudah layak dijual. Ini akan menjadi bekal mereka, setelah selesai kuliah,” lanjutnya.

Program Praktik  Kerja Tematik

Sementara mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan, FISIP, Unmuh Jember dalam waktu yang sama, juga telah melaksanakan program Praktik Kerja Tematik  (PKT) di beberapa kecamatan di Jember.

Salah satunya, yakni mahasiswa PKT di Kecamatan Sukorambi, Jember, berhasil mempertemukan tiga lembaga, masing-masing Perangkat Desa Sukorambi, Paguyuban UMKM, dan Perusahaan Start-Up OWS (One Way Shop).

Ketiga lembaga ini, telah menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU), yang berlangsung di Kantor Desa Sukorambi, Senin (5/7). Mereka bersepakat untuk saling membantu. Perusahaan Starr-Up OWS, siap membantu memasarkan produk unggulan yang diproduksi anggota Paguyuban UMKM Desa Sukorambi, melalui online shop.

“Sementara Kepala Desa dan perangkatnya, membantu memfasilitasi kegiatan UMKM di desa tersebut yang dipasarkan secara online dengan difasilitasi pihak OWS,” jelas Kaprodi IP, Drs Itok Wicaksono, M.Si.

Menurut Itok, kesepakatan kerjasam tiga lembaga ini, terjalin melalui kegiatan mahasiswa FISIP Unmuh Jember, yang tengah melaksanakan Praktik Kerja Tematik. PKT itu sendiri, menurutnya merupakan implementasi dari Program MBKM. “Pada Program MBKM ini, mahasiswa diberi beberapa pilihan, salah satunya program PKT ini,” lanjutnya.

Untuk semester Genap Tahun Akademik 2021 ini, mahasiswa Ilmu Pemerintahan, khususnya yang sudah semester 6, kata Itok yang pernah menjadi komisioner KPU Jember ini, banyak yang memilih program PKT. “Tahun ini mereka kita tempatkan pada 9 kecamatan di Jember, untuk melaksanakan program selama satu semester atau hampir 5 bulan,” terangnya. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *