22/10/2021

Lantik 126 Pejabat, Bupati Jember Geser Posisi Plt Kepala BPBD

Pelantikan Pejabat Struktural dan Fungsional oleh Bupati Jember

Pelantikan Pejabat Struktural dan Fungsional oleh Bupati Jember

situsTalenta.com – Bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha, Bupati Jember, Ir.H. Hendy Siswanto melantik 126 pejabat pada Jumat malam (24/09/2021). Mereka yang dilantik terdiri atas 50 orang pejabat struktural 13 diantaranya pejabat eselon 2 yang menduduki jabatan sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta 76 pejabat fungsional.

Pelantikan yang dilaksanakan secara luring dalam dua sesi tersebut cukup menarik perhatian publik karena adanya pergeseran dua jabatan Kepala OPD yaitu dilantiknya Edy Budi Susilo yang sebelumnya menjadi staf ahli diangkat sebagai Kepala Bakesbangpol yang sebelumnya dijabat oleh Sigit Akbari.

Sedang Sigit Akbari yang semula menjadi Plt Kepala Bakesbangpol menggeser posisi Mochammad Jamil sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember. Sementara Mochammad Jamil sendiri diangkat sebagai Staf Ahli.

Digesernya posisi Mochammad Jamil menarik perhatian publik karena yang bersangkutan sebelumnya disorot terkait honor pemakaman pasien COVID-19 bagi 4 pejabat serta kasus dugaan korupsi dana COVID-19 yang kini sedang disidik Polres Jember.

Menanggapi digesernya posisi Mochammad Jamil sebagai Plt Kepala BPBD, Bupati Jember tidak menyangkutpautkannya dengan kasus yang menjerat Jamil, dengan mengatakan kalau perubahan posisi tersebut semata-mata untuk penyegaran dan pengembangan karir bagi Mochammad Jamil.

“Beliau bisa mengembangkan karirnya di situ. Kita tukar posisi, biar sama-sama merasakan semuanya,” kata Hendy Siswanto.

Dengan dilantiknya 13 Kepala OPD sebagai pejabat definitif, kini masih tersisa 18 jabatan eselon 2 yang nantinya akan dilakukan open bidding (lelang jabatan terbuka) untuk mengisi 18 jabatan tersebut.

Menurut Bupati Jember, pengisian jabatan tersebut akan dilaksanakan sesegera mungkin. “Target kami bulan Oktober. Jadi bulan Oktober sudah selesai semuanya,” ungkap Hendy.

Pesan Bupati

Dalam acara pelantikan 126 pejabat, sejumlah pesan disampaikan oleh Bupati Jember, diantaranya berupa harapan kepada para pejabat yang baru dilantik agar dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya serta bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta membiasakan diri untuk bekerja tanpa menunggu perintah.

Hendy juga meminta kepada seluruh pejabat yang baru dilantik untuk ikut serta dalam penanganan COVID-19, karena pandemi tersebut hingga kini masih belum sepenuhnya teratasi.

 “Covid-19 belum selesai. Virusnya tidak nampak maka kita wajib terus menjaga kewaspadaan dan saling membantu dalam upaya penanganan COVID-19 karena sejatinya ini tanggung jawab semua pihak,” harap Bupati Jember. (SPKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *