Lebih Dekat dengan Mecca Aidhan Ghafur

Mecca Aidhan Ghafur

Mecca Aidhan Ghafur

Siapa bilang anak milenial pesimis melihat masa depan? Siapa bilang anak muda tak serius belajar? Abaikan nasihat orang tua? Tak peduli lingkungan dan suka menyendiri. Lebih asyik dengan gadget kesayangannya? Pendapat itu prematur.

Jutaan anak.muda menatap masa depan dengan penuh semangat. Mereka rajin belajar dan beribadah. Getol berkompetisi. Tawadhu’ terhadap orang tua. Suka bergaul dengan teman dan tetangga di lingkungan rumah mereka.

Mecca Aidhan Ghafur satu di antara jutaan anak milenial itu. Cowok kelahiran 7 Juli 2005 ini sekarang duduk di kelas 9 di SMPN 1 Jenggawah. Meski umurnya masih muda, ia sudah punya prinsip yang boleh juga diacungi jempol. Komitmen penting bagi kehidupan seseorang.

Satu lagi semboyan hidupnya yang ia sampaikan yaitu: Dengan Berpegang Teguh pada Pendirian yang Kuat, Kita Akan Mampu Melakukan Sesuatu yang Baik yang Kita Inginkan. Hebat, kan?

Ada semboyan Latin yang kesohor sejak lama, yakni Mens sana on corpore sano yang berarti : Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan itu mengingatkan kepada kita semua untuk terus-menerus menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Tubuh yang bugar bagi pelajar dan mahasiswa akan membuat pikiran dan jiwa tidak mudah gamang dalam menghadapi persoalan. Bagi para orang dewasa, tentu saja, akan berguna untuk mempertahankan dan meningkatkan eksistensi diri.

Itu pula yang sudah dilakukan Mecca. Lelaki yang punya cita-cita menjadi pemain bola basket profesional dan dosen ini tidak takut badannya kuyup oleh keringat. Justru ia selalu memeras keringat yang ngendon dan berlimpah di dalam tubuhnya.

Dampaknya nyata. Badan Mecca tumbuh bagus. Atletis. Tinggi dan berisi. Tidak gembrot akibat berjam-jam main games dan ngemil.

Kondisi sehat itu pula yang memacu semangat untuk menekuni olahraga bola basket di sekolahnya. Selain itu, dia pun menekuni semua mata pelajaran. Tak mustahil jika sejak kelas 7, dirinya sudah aktif sebagai anggota tim basket di sekolahnya.

Pertama kali, ia berkompetisi pada Lomba Basket Saint Paul Festival, Jember. Selain itu, putra ketiga dari tiga bersaudara ini menjadi peserta Jambore Nasional Jota-Joti dan meraih juara pertama pada Speech Contest pada Peringatan Hari Anak Nasional di Jember.

Pada tahun 2019 prestasi di bidang olahraga dan saint semakin kelihatan. Berturut-turut, Mecca terlibat pada Kejurda Bola Basket Kelompok Umur tingkat provinsi. Bersama teman-teman satu team, ia mempersembahkan juara ke-4 pada Turnamen Bola Basket SMPN 7 Jember (STUJU) dan meraih juara ke-3 Turnamen Bola Basket di SMPN 1 Jember (SPASA) CUP 2019.

Masih pada tahun yang sama, pemilik tinggi badan 165 cm ini juga menjadi peserta Dialog Budaya yang diselenggarakan oleh Relawan Peace Corps Indonesia, menjadi duta Olimpiade Saint Nasional (OSN) IPS tingkat kabupaten serta menjadi peserta Lomba Cerdas Cermat Pentas PAIS SMP yang diselenggarakan oleh MGMP PAI wilayah timur.

Pada tahun 2020, putra pasangan Alvian Ghafur, S.Pd dan Umi Rukhailah Safari S.Pd ini semakin jauh melangkah di bidang olahraga dan kegiatan pembelajaran. Awalnya, dia menjadi peserta Lomba Bola Basket ESBC/ EX STUJU dan berikutnya mewakili sekolahnya menjadi peserta Olimpiade Taruna.

Sebentar lagi , pada tahun ajaran baru nanti, Mecca akan melanjutkan pendidikan formalnya di SMAN 2 Jember melalui jalur prestasi olahraga. Lelaki yang familier ini tentu sangat berterima kasih kepada kedua orang tuanya yang memberi kebebasan memilih jalan sukses melalui bidang olahraga.

Ucapan terima kasih dia sampaikan juga kepada Guntur Bayu Wibidono dan Miftahul Ulum yang dengan kesabarannya membimbing dan melatihnya untuk meraih sebuah cita-cita mulia.

Menjadi pemain basket seperti yang diidolakannya, yakni seperti Durant, Kobe Bryant, Kyrie Irving, Paul George bisa saja terwujud. Menjadi dosen, mengikuti jejak kedua orang tuanya yang sama- sama menjadi guru bahasa Inggris di SMP dan SMA, pun sangat terbuka peluangnya. Selamat berjuang, Mecca! ( sr )

1 thought on “Lebih Dekat dengan Mecca Aidhan Ghafur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *