22/10/2021

Lewat Bangunan Tugu, Kades Wonosari Puger Ingatkan Warga Agar Tidak Lupakan Pancasila

Tugu Pancasila Wonosari Puger

Tugu Pancasila Wonosari Puger

situsTalenta.com – Nama Desa Wonasari, Kecamatan Puger belakangan ini mendadak mencuat. Hal ini dikarenakan berdirinya tugu Pancasila setinggi 8 meter di desa tersebut.

Lokasi tugu itu terletak di Dusun Krajan, tepat dipertigaan jalan desa. Siapa sangka sebelum tugu itu dibangun, dulu merupakan lahan tempat pembuangan sampah dan cletong (kotoran sapi).

Hadi Purnomo, Kepala Desa (Kades) Wonosari membenarkan hal tersebut. Akibat ulah orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan di tempat itu, desa terlihat kumuh dan bau.

“Sebagai Kepala Desa, saya tentu tidak bisa membiarkan desa ini kotor oleh tumpukan sampah rumah tangga dan kotoran hewan. Bau busuk sangat menusuk hidung dan lalat beterbangan,” ungkap Hadi.

Dari situlah Hadi memiliki keinginan membersihkan sampah yang ada di wilayah tersebut. Diawal tahun 2021 ia membenahi tempat itu dan menggagas pendirian tugu Pancasila di lahan bekas pembuangan sampah.

“Tugu ini selain untuk mempercantik tampilan  Desa Wonosari, Kecamatan Puger, sekaligus untuk mengingatkan warga agar tidak melupakan Pancasila, terutama generasi muda.”imbuh Hadi.

Tugu megah itu dibangun dari pengumpulan dana warga setempat. Persis di hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 bangunan selesai dirampungkan dan tugu tersebut menjadi kebanggan penduduk Desa Wonosari.

Di tugu tersebut selain terdapat sosok patung burung Garuda, terlihat pula sila-sila Pancasila. Sebagai orang nomor satu di Desa Wonosari, Hadi bakal terus memperindah tugu itu. Menurut rencana tugu tersebut nantinya akan diberi tambahan lampu hias sehingga saat malam hari semakin indah. Dia juga  berkeinginan untuk melengkapi fasiltas bermain anak di sekitar lokasi tugu.

Keberadaan tugu Pancasila tersebut mengundang decak kagum banyak orang. Tidak sedikit setiap harinya orang-orang yang melakukan swafoto alias selfi menggunakan telepon genggam (HP) di lokasi tugu. Mereka kebanyakan orang dari luar desa yang sengaja datang karena ingin melihat dari dekat tugu Pancasila yang ada di Desa Wonosari.

Umala Dewi, salah satu penduduk Desa Wonosari merasa bangga dengan keberadaan tugu Pancasila,  karena dari tugu itulah nama desanya semakin moncer  setelah diunggah oleh banyak orang di media sosial (medsos) baik Facebook, instagram maupun YouTube. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *