01/12/2021

Lutfi Hakim Terpilih sebagai Ketua pada Konferensi XV PWI Jatim

situsTalenta.com – Bertempat di Hotel Grand Mercure Mirama, Jalan Darmo, Surabaya, Rabo (17/11/2021), Konferensi. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur XV digelar.

Hadir pada kesempatan itu Ketua PWI Pusat Attal S Depari, Kepala Bidang Organisasi Zulkifli Ghani Otto, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim H Djoko Tetuko, serta 38 orang Ketua Perwakilan PWI Kabupaten/Kota se Jawa Timur

Ketua Panitia Konferensi XV PWI Jatim Mahmud Suhermono dalam laporannya menjelaskan bahwa proses pemilihan Ketua diawali pada 1 – 3 November 2021 untuk tahap pengambilan formulir, kemudian pada 3 – 5 November 2021 untuk tahap pengembalian berkas.

“Pada 6 November berkas kelengkapan kita verifikasi dan muncul tiga nama yang dianggap sah, yaitu: Lutfi Hakim, Eko Pamuji dan Ainur Rohim,” papar Mahmud.

Meski ketiga nama tersebut sudah dianggap sah, namun masih belum ditetapkan sebagai calon ketua karena penetapan calon ketua baru akan dilaksanakan pada forum konferensi.

Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang awalnya sebanyak 377 suara, setelah dilakukan verifikasi ulang dihasilkan angka 379 pemilih yang memiliki hak suara.

Pelaksanaan Konferensi XV PWI Provinsi Jawa Timur
Pelaksanaan Konferensi XV PWI Provinsi Jawa Timur

Jalannya Pemilihan

Meski awalnya ada tiga nama yang dinyatakan sah untuk maju dalam pemilihan Ketua PWI Jatim, namun pada puncaknya hanya dua nama yang bersaing. Pasalnya: sebelum penyampaian visi dan misi, Eko Pamuji menyatakan mengundurkan diri.

“Dalam konferensi PWI Jatim ini, diharapkan bisa memilih ketua dengan cara mufakat. Agar tidak banyak orang yang berunding, maka saya mengundurkan diri,” ungkap Eko.

Selanjutnya, dalam pemaparan visi dan misi, Ainur Rohim berjanji akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan akan membawa PWI menjadi lebih baik.

“Kami ingin mengembangkan SDM PWI yang unggul serta menuntaskan seluruh kabupaten/kota memiliki PWI,” ujar Ainur Rahim.

Sedangkan Lutfi Hakim, dalam pemaparan visi dan misi mengungkapkan bahwa dirinya akan melibatkan seluruh anggota di struktur kepengurusan, mulai dari PWI Jatim hingga kabupaten/kota dalam seluruh proses yang ada.

“Selain itu, seandainya nanti terpilih, saya hanya akan menjadi Ketua PWI Jatim satu kali saja,” janji Lutfi.

Setelah dilakukan pemaparan visi dan misi oleh dua calon ketua, tahapan pemungutan suara pun  dilakukan. Dalam pemungutan suara tersebut, Lutfi Hakim berhasil memperoleh 237 suara sedang Ainur Rohim sebanyak 116 suara. Sementara yang abstain sebanyak 1 suara dan yang tidak sah sebanyak 2 suara.

Begitu melihat hasil penghitungan, pimpinan sidang yang juga Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Ghani Otto, langsung menetapkan Lutfi Hakim sebagai Ketua PWI Jatim terpilih periode 2021 – 2026.

“Sesuai dengan tata tertib, maka pemegang suara tertinggi melebihi dua pertiga plus satu langsung ditetapkan menjadi ketua terpilih. Maka  Lutfi Hakim adalah Ketua PWI Jatim,” kata Zulkifli sambil mengetokkan palu.

Begitu palu diketok, suara sorak sorai yang bergemuruh dari para pendukung Lutfi pun terdengar memenuhi ruangan. (Maji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *