Memasuki Gelombang Kedua, Berikut Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Pada hari Selasa (21/4/2020), pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua resmi dibuka. Hal tersebut berarti mundur seshari, karena sebelumnya direncanakana akan dibuka pada Senin (20/4/2020).

Mundurnya pendaftaran gelombang kedua tersebut menurut Direktur komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky disebabkan karena pihaknya masih harus melakukan proses pengolahan data untuk gelombang pertama.

Proses verifikasi data tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati guna memastikan penerima manfaat benar-benar mereka yang butuh bantuan dari pemerintah. Adapun bantuan lewat program Kartu Prakerja sebesar Rp.1 juta untuk insentif pelatihan dan Rp 2,4 juta untuk insentif usai pelatihan ditambah insentif pasca survei senilai Rp 150.000.

Cara dan syarat pendaftaran Kartu Prakerja

Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Di laman resminya, Prakerja.go.id, terdapat menu daftar pada halaman muka di sisi kiri situs tersebut.

Pendaftaran gelombang kedua Prakerja masih sama dengan gelombang pertama. Berikut cara daftar Kartu Prakerja gelombang 2.

1. Membuat akun Prakerja

Masuk ke situs www. prakerja.go.id Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja

2. Isi data diri

Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”. Isi data diri dengan lengkap formulir kartu prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya” Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

3. Ikuti tes

Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *