01/12/2021

Menikmati Keindahan Wisata Pegunungan Lewat Jelajah Wisata Boma

Pembukaan Kegiatan “Jelajah Wisata dan Kemah Bersama” di lokasi Agrowisata Boma oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman

Pembukaan Kegiatan “Jelajah Wisata dan Kemah Bersama” di lokasi Agrowisata Boma oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman

JEMBER, situstalenta.com – Dunia pariwisata di Kabupaten Jember kembali menggeliat. Hal tersebut ditandai dengan dibukanya kegiatan “Jelajah Wisata dan Kemah Bersama” di lokasi Agrowisata Boma oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman, Sabtu (19/06/2021).

Kegiatan yang diikuti 100 lebih peserta dari berbagai komunitas, seperti influencer,  komunitas perduli Jember, Komunitas sosial dan berbagai komunitas lainnya ini digelar sebagai salah satu upaya dari Pemkab Jember untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Jember.

Karena sebagaimana diketahui, Wisata Boma yang berlokasi di Desa Suci Kecamatan Panti, selama ini kurang begitu dikenal di kalangan wisatawan. Bahkan pamornya masih kalah dibandingkan dengan beberapa objek wisata lain yang ada di Jember, seperti Watu Ulo, Papuma atau Rembangan.

Pembukaan Kegiatan “Jelajah Wisata dan Kemah Bersama” di lokasi Agrowisata Boma oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman
Pembukaan Kegiatan “Jelajah Wisata dan Kemah Bersama” di lokasi Agrowisata Boma oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman

Padahal, keindahan alam pegunungan yang disuguhkan Wisata Boma dengan air terjun “Tancak”nya, tidak kalah dari objek-objek wisata lainnya serta lebih dari layak untuk dijual kepada wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Karena itulah Wakil Bupati Jember merasa optimis, Wisata Boma nantinya akan dibanjiri oleh wisatawan selama dikelola dengan maksimal dan tidak henti-hentinya dipromosikan. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi Wisata Boma, tapi juga destinasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Jember.

“Saya optimis potensi pariwisata di Jember ke depan akan bangkit kembali!” tutur Gus Firjaun.

Selain itu, Wakil Bupati Jember juga mendorong kepada seluruh Kepala Desa untuk menciptakan inovasi dalam mengembangkan desanya masing-masing. Termasuk untuk desa-desa yang tidak memiliki objek pariwisata, karena potensi dari setiap desa berbeda-beda dan semuanya memiliki prospek yang cerah jika dikelola dan dikembangkan dengan baik.

“Ayo para Kades lainnya berinovasi dengan mengembangkan potensi desanya masing-masing,” ajak Firjaun.

Sekilas tentang Wisata Boma

Terletak di lereng Gunung Pasang yang menjadi bagian dari wilayah administratif Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Wisata Boma cukup mudah untuk dijangkau meski harus melalui jalan yang menanjak dan menurun tajam.

Tentu saja pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil karena hingga kini belum tersedia angkutan umum yang menuju ke lokasi destinasi wisata.

Menariknya, di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang menyejukkan mata mulai dari pemandangan area persawahan, aliran sungai hingga perkampungan penduduk dengan udara yang sejuk.

Keindahan tersebut akan mencapai puncaknya saat tiba di lokasi. Hamparan hijaunya perkebunan teh akan membuat siapapun enggan untuk pulang. Tidak heran jika banyak anak muda yang menghabiskan waktunya dengan melakukan aktifitas camping di lokasi. Utamanya pada saat liburan panjang.

Pengunjung akan semakin betah, karena penduduk yang tinggal di sekitar lokasi Wisata Boma dikenal ramah tamah, tidak terkecuali kepada para wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung pun terbilang lengkap, mulai dari area parkir yang luas, kamar mandi untuk MCK, mushollah serta tempat-tempat peristirahatan.

Bagi wisatawan yang menyukai aktifitas hiking dan adventure, tidak cukup rasanya jika hanya menikmati indahnya panorama perkebunan teh yang menyejukkan mata.

Untuk melengkapi kunjungan ke Wisata Boma, lanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Air Terjun Tancak dengan airnya yang jernih dan segar serta pemandangan alamnya yang eksotik. (AK) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *