Menjawab Kerinduan

Tidak terasa sudah lebih dari 3 tahun tabloid Situs Talenta lenyap dari peredaraan alias tidak terbit lagi. Selama itu pula banyak pembaca setia utamanya rekan-rekan guru dan Kepala Sekolah yang menanyakan bahkan meminta kami untuk menerbitkan lagi. Sebagian malah ada yang menawarkan diri untuk membantu pemasaran sekaligus pendistribusiannya.

Saya tidak tahu pasti, permintaan tersebut benar-benar keluar dari dalam hati atau sekedar pemanis bibir.

Kalaupun keluar dari dalam hati saya rasa cukup wajar mengingat Tabloid Talenta mengunjungi para pembaca setianya selama lebih dari 10 tahun dan menjadi salah satu media lokal di Jember yang umurnya paling panjang setelah “Derap Pembangunan”.

Terlebih Tabloid Situs Talenta yang sebelumnya bernama “Talenta” memiliki ciri khusus yaitu mengangkat dunia pendidikan di Jember dari berbagai sudut, karena pangsa pasarnya memang kalangan pendidik mulai dari tingkat SD – SMA, bahkan guru-guru PAUD dan TK/RA.

Untuk menjawab permintaan dari pembaca setia agar tabloid Situs Talenta dapat diterbitkan lagi, terus terang cukup berat bagi kami disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya harga kertas yang melambung dan ongkos cetak yang semakin mahal.

Bukan hanya pembaca, kami sendiri selaku pengelola sebenarnya juga rindu untuk dapat menyapa lagi para pembaca lewat informasi-informasi pendidikan, informasi yang mendidik dan informasi yang dapat ikut membangun sendi-sendi peradaban.

Namun apa daya harapan terkadang bertolak belakang dengan kenyaataan, keinginan tidak jarang harus dipendam bersama angan-angan.

Untuk menjawab kerinduan itulah situstalenta.com hadir di tengah gegap gempitanya media online. Menerbitkan kembali Situs Talenta dalam bentuk media daring menjadi salah satu alternatif terbaik menurut kami untuk dapat tetap eksis membangun pendidikan dan peradaban sesuai dengan kemampuan yang kami bisa.

Setidaknya untuk menjawab kerinduan kami dan kerinduan pembaca akan informasi-informasi pendidikan. Terlebih di era digital seperti sekarang ini, media online memang lebih efektif dibandingkan media cetak.

Tentunya mengelola media cetak berbeda dengan mengelola media online sehingga perlu disadari jika ada perubahan di sana-sini utamanya dari sisi rubrikasi. Informasi-informasi seputar dunia pendidikan persentasenya mungkin tidak sebanyak saat berbentuk tabloid cetak, namun situstalenta.com tetap akan mengedepankan informasi pendidikan yang diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pendidik serta masyarakat yang perduli akan pendidikan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *