NPCI Kabupaten Jember Salurkan Bantuan bagi Penyandang Disabilitas

Aksi Kemanusiaan NPCI Jember

Aksi Kemanusiaan NPCI Jember

JEMBER, situstalenta.com – Pandemi Covid-19 yang terus meluas mengakibatkan dampak yang nyata di kalangan masyarakat. Baik masyarakat kelas atas hingga masyarakat kelas bawah merasakan dampak pandemi ini yang begitu masif.

Berbagai aktivitas perekonomian harus tersendat akibat pandemi ini. Tak ayal masyarakat mengalami penurunan daya beli dikarenakan kemampuan perekonomian mereka mengalami penurunan. Bahkan dalam beberapa kasus masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Dampak pandemi yang begitu masif pun juga dialami oleh para penyandang disabilitas. Bahkan karena kondisi mereka yang sejak awal adalah tergolong kelompok rentan menjadi semakin rentan akibat adanya pandemi ini.

Mereka juga kesulitan melakukan berbagai aktivitas perekonomian bahkan harus kehilangan lapangan pekerjaannya. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan berbagai stimulus dan bantuan untuk masyarakat umum,

Namun tak jarang para penyandang disabilitas justru luput dari sekian banyak bantuan dan stimulus ini. hal tersebut dikarenakan tidak jarang para penyandang disabilitas tidak memiliki kartu identitas kependudukan yang valid. Sehingga kondisi mereka menjadi semakin terasing dan terlupakan.

Aksi Kemanusiaan NPCI Jember

Berangkat dari kegelisahan tersebut, pada tanggal 1 Juni 2020 beberapa pengurus dari NPCI (National Paralympic Committe Indonesia) Kabupaten Jember mengadakan obrolan ringan melalui chat WhatsApp.

Obrolan ini selanjutnya semakin berkembang dan pada tanggal 2 Juni 2020 dibuatlah grup khusus menyangkut pembentukan posko aksi kemanusiaan NPCI Kabupaten Jember.

Meskipun NPCI pada dasarnya adalah organisasi yang membidangi pengembangan olahraga di kalangan penyandang disabilitas, namun kami meyakini bahwa pembentukan posko ini adalah salah satu usaha untuk melindungi penyandang disabilitas dari dampak perekonomian akibat Covid-19. Lagi pula posko ini hanya bersifat sementara dan tidak mengikat.

Pada tanggal 3 Juni 2020, dimulailah penggalangan dana dan bantuan dalam bentuk sembako. Hasilnya sungguh mengejutkan, sebab penggalangan ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari TNI, POLRI, anggota legislatif, tokoh masyarakat, tokoh publik bahkan hingga petani dan pengusaha. Penyebaran bantuan yang pada awalnya hanya direncanakan dua gelombang, kini telah terealisasi hingga gelombang ke-10.

Posko aksi kemanusiaan Covid-19 ini setidaknya melibatkan 7 orang. Ke-7 orang tersebut diantaranya adalah: Kusbandono selaku penanggung jawab, Teguh kasiyanto selaku ketua pelaksana, Ahmad Fausi selaku sekretaris, Rio Pradani Putra sebagai

bendahara, Dea Rosita sebagai Sie dokumentasi, Ibu Fannatus Syamsiyah sebagai Sie data dan kesekretariatan, dan Agus Wedi selaku perlengkapan dan Humas. ke tujuh orang ini secara konsisten mengawal berjalannya aktivitas di posko.

Dalam usaha untuk menyampaikan bantuan agar tepat sasaran, cara penyaluran dilakukan dengan menggunakan dua metode. Pertama, penyandang disabilitas dapat mengambil bantuan secara langsung di posko aksi kemanusiaan. Kedua, mendatangi penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan mobilitas.

Sebagai catatan, bahwa seluruh penerima bantuan aksi kemanusiaan ini adalah para penyandang disabilitas di Kabupaten Jember yang belum tersentuh oleh bantuan dan stimulus dari pemerintah.

Hingga saat ini, kegiatan aksi kemanusiaan ini telah berlangsung 14 kali pertemuan. Posko ini dibuka sejak jam 8.00 pagi hingga pukul 13.00 siang. Posko kami berlokasi di Jl Wahid Hasyim Nomor 29 Jember.

Hingga tanggal 23 Juni 2020, sebanyak 921 paket sembako telah terdistribusi. menerima bantuan ini meliputi seluruh kecamatan di Kabupaten Jember kecuali kecamatan Sumberbaru dan Sumber Jambe. Ketidakmerataan tersebut disebabkan keterbatasan data serta tidak adanya pendaftar penerima bantuan dari daerah tersebut.

Saat ini masih terdapat 100 paket lagi yang akan kami distribusikan kepada penerima, sehingga total bantuan yang kami salurkan sebanyak 1021 paket bantuan. (Maji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *