22/10/2021

NU dan Muhammadiyah Tertibkan Aset Tanah Bersama BPN

Penandatanganan MoU seritifkasi aset tanah oleh NU dan Muhammadiyah dengan BPN Jember (Foto NOJMohammad Haris

Penandatanganan MoU seritifkasi aset tanah oleh NU dan Muhammadiyah dengan BPN Jember (Foto NOJMohammad Haris

situsTalenta.com – Usai dilakukan MoU antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur terkait sertifikasi aset tanah yang dimiliki oleh kedua ormas tersebut, tindak lanjut pun dilaksanakan di setiap kabupaten/kota.

Untuk Kabupaten Jember penandatanganan MoU dilaksanakan di Kantor BPN Jember yang berlokasi di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates pada hari Selasa (05/10/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor BPN Jember Sugeng Muljosantoso, Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PCNU Kencong KH. Zainil Ghulam serta Ketua PD Muhammadiyah Jember Kusno.

Tujuan dilakukannya MoU menurut Kepala Kantor BPN Jember disebabkan banyaknya tanah wakaf dan hibah milik NU dan Muhammadiyah yang hingga kini masih belum bersertifikat.  Karena itu BPN berkomitmen untuk sesegera mungkin menuntaskan seluruh sertifikat tanah yang menjadi aset NU dan Muhammadiyah Jember.

“Sebagai ormas tertua yang lahirnya bahkan sebelum Indonesia merdeka, NU dan Muhammadiyah memiliki banyak aset tanah yang berasal dari hibah dan wakaf masyarakat,” tutur Sugeng.

Banyaknya aset tanah itulah yang membuat DPC NU Jember menurut KH Abdullah Syamsul Arifin sejak dulu  bertekad untuk menertibkan aset tanah tersebut salah satunya dengan sertifikasi tanah.

“NU sudah memiliki tim untuk mengurus inventarisasi aset tanah tersebut yaitu Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) PCNU Jember yang nantinya akan bertugas menginventarisir secara intensif aset-aset yang tersebar bersama dengan BPN,” terang Ketua PCNU Jember yang akrab disapa Gus Aab ini.

Karena itulah Gus Aab merasa bersyukur atas terjalinnya kerjasama dengan BPN dan berharap agar program tersebut dapat segera terealisasi. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *