22/10/2021

Paguyuban Petani Jember Temukan Kandungan C Organik Tembus 8,34

JEMBER, situstalenta.com – Sebuah prestasi membanggakan dan menggembirakan ditorehkan  Paguyuban Petani Jember (PANIJEM) Kabupaten Jember, khususnya untuk  petani di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berkat kerjakeras PANIJEM  agar petani tidak mengalami  ketergantungan pupuk kimia, seiring berjalannya  waktu akhirnya  PANIJEM berhasil menemukan pupuk organik dengan kandungan C  Organik mencapai 8,34 .

Kandungan C Organik yang mencapai 8,34  itu dikuatkan dengan hasil laboratorium  Divisi Perencanaan dan Pengembangan Penelitian Tembakau Jember.

Dalam analisa tersebut dipaparkan bahwa, untuk kode C Organik tembus 8,34, kode N tembus 0,44, kode P tembus 1,95, kode K2O muncul 0,68, kode Ca tembus 0,547, kode Mg tembus 0,030, kode CI muncul 0,014, kode C/N tembus  18,95, kode Fe muncul 3,52 dan kode pH tembus 7,15.

Hasil itu dari  analisa Lab pupuk organik Divisi Perencanaan dan Pengembangan Penelitian Tembakau Jember.

“Dari hasil lab, perlu saya sampaikan bahwa kandungan yang ada itu, sekarang ini malah bisa mengalami peningkatan yang luar biasa. Artinya, dari hasil racikan yang  dilakukan anggota Panijem  telah ditemukan  kandungan C organiknya di Jember belum  ada yang menandingi dari beberapa sumber dan informasi pelaku organik,” terang Ketua Panijem Kabupaten Jember, Totok S Mianta.

Dengan ditemukannya  kandungan C  Organik yang berkualitas itu,  kata Totok,  pelaku dan pakar pembuat organik mengaku kagum. Karena, organik yang ditemukan petani anggota PANIJEM, kandungan C Organik setinggi 8,34 dan itu masih bisa ditingkatkan lagi serta belum ada yang menandingi keunggulannya.

“Saya sempat ngobrol dengan  Anwarul dan Herman sebagai saksi yang pernah mendampingi saat uji coba dengan para pakar organik lainnya, mereka heran  karena kandungan C Organik  kok bisa tembus setinggi itu. Karena dengan tingginya kandungan C Organik itu jelas kondisi tanah akan cepat pulih menjadi subur, tidak usah menunggu lama lama,” paparnya.

Yang pasti tambah Totok,  tanah akan cepat pulih subur sehingga pertumbuhan tanaman akan cepat diketahui  kesuburannya. “Contoh, organik produk Panijem ini  dipakai untuk tanaman padi, tanaman padinya jadi sehat dan minim tumbuh rumput serta  tanahnya jadi subur dan tanaman tahan hama dan penyakit. Jika hama dan penyakit sudah tidak berani menyerang, tentu hasil panen bisa baik,” paparnya.

Organik Panijem, dipakai untuk jenis tanaman apa saja? Menurut mantan wartawan Jawa Pos Radar Jember ini, organik Panijem ini dapat untuk semua tanaman dalam kondisi tanah kering dan tandus bahkan  untuk pakan ternak. Artinya, jika pakan dan minum ternak diberi  campuran organik formula cair Panijem akan menambah nafsu makan dan  ternak jadi sehat. Sehingga ternak cepat gemuk dan mempercepat pertumbuhan ternak.

Tak hanya untuk ternak, terang Totok, organik Panijem mampu mengurai kotoran manusia yang ada diseptitank. Karena organik bersifat mengurai. Sehingga bakteri itu akan hancur jika terkena organik Panijem.

“Itulah keistimewaan dan keunggulan organik temuan anggota Panijem. Dengan keistimewaan dan keunggulan ini, insya Allah petani menjadi sehat dan sejahtera, begitu juga tanamannya akan semakin sehat dan subur, karena residu berkurang, panen bisa meningkat,” pungkas Totok. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *