22/10/2021

Pengadilan Negeri Jember Luncurkan Aplikasi Tilik Desa dan Bantuan Hukum Online

Peluncuran Aplikasi Tilik Desa & Bantuan Hukum Online (sumber: https://www.jemberkab.go.id)

Peluncuran Aplikasi Tilik Desa & Bantuan Hukum Online (sumber: https://www.jemberkab.go.id)

JEMBER, situstalenta.com – Masyarakat Jember kini tidak perlu lagi bersusah payah dan mengeluarkan biaya untuk bisa memperoleh pelayanan dari Pengadilan Negeri (PN) dan memperoleh bantuan hukum. Karena Pemkab Jember bersama dengan PN Jember dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember telah menyiapkan aplikasi Tilik Desa dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (23/06/2021) di Gedung Serbaguna Fakultas Hukum Universitas Jember dengan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Jember, Ketua DPRD Jember, Ketua PN Jember, Rektor Universitas Jember, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Acara ini juga ditayangkan secara daring, sehingga dapat diikuti oleh masyarakat luas.

Berikan Pendampingan Hukum Gratis

Dalam sambutannya Ketua PN Jember Marolop Simamora menjelaskan bahwa aplikasi Tilik Desa dimaksudkan untuk membantu masyarakat Jember yang ingin menyelesaikan berbagai urusan terkait dengan Pengadilan Negeri Jember.

“Jadi untuk menyelesaikan semua urusan, tidak perlu datang ke kantor Pengadilan Negeri Jember. Cukup dengan meng-klik aplikasi Tilik Desa, semua urusan dapat diselesaikan seperti mengurus Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana, memperbaiki nama pada Akta Kelahiran serta yang lain,” papar Marolop Simamora.

Tidak hanya itu, inovasi dan digitalisasi juga dilakukan Fakultas Hukum UNEJ dan PN Jember guna membantu masyarakat yang membutuhkan pendampingan hukum. Melalui Posbakum Online PN Jember, masyarakat akan memperoleh bantuan hukum secara gratis alias tidak berbayar.

“Layanan Posbakum adalah sebuah pengabdian dan merupakan salah satu manifestasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang Dekan Fakultas Hukum UNEJ Bayu Dwi Anggono.

Sudah barang tentu Posbakum Online sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang bersentuhan dengan hukum, terlebih masyarakat tidak mampu.

Peluncuran Aplikasi Tilik Desa dan Posbakum Online(sumber: https://www.jemberkab.go.id/)
Peluncuran Aplikasi Tilik Desa dan Posbakum Online(sumber: https://www.jemberkab.go.id)

Dukungan Pemkab Jember

Peluncuran aplikasi Tilik Desa dan Posbakum Online disambut baik oleh Bupati Jember, Ir.H. Hendy Siswanto. Menurutnya masyarakat sangat membutuhkan fasilitas-fasilitas pelayanan, termasuk pelayanan dalam mencari keadilan.

Salah satu program prioritas dari Pemkab Jember menurut Hendy adalah membangun masyarakat sadar hukum, karena dalam kondisi apapun akan selalu terikat pada hukum. Karena itu Bupati Jember mendukung sepenuhnya aplikasi Tilik Desa dan Posbakum Online dengan menyediakan fasilitas perangkat keras di setiap kecamatan.

“Kami akan siapkan perangkat kerasnya di kecamatan-kecamatan, sehingga warga desa yang jauh dari kota bisa langsung menikmati layanan ini untuk mendapatkan kepastian hukum seadil-adilnya, wes wayahe masyarakat Jember sadar hukum,” tandas Bupati. (AM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *