22/10/2021

Pengusaha Batik Diajari Olah Limbah

Pekatihan proses pengolahan limbah batik dari BBKB Yogyakarta di Rezti's Batik

Pekatihan proses pengolahan limbah batik dari BBKB Yogyakarta di Rezti's Batik

situsTalenta.com – Saat melakukan lawatan ke tempat usaha batik rumahan di Kabupaten Jember, tamu dari Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) disambut gembira oleh pelaku usaha kerajinan batik. Mereka tidak sekedar melihat dari dekat proses pembuatan batik di kawasan Jember bagian selatan itu namun memberikan konsultasi teknik daur ulang limbah lilin batik.

“Ketika limbah lilin batik (malam) didaur ulang maka bisa dimanfaatkan lagi oleh pembatik, sehingga lingkungan tidak tercemar.”Ungkap Dr.Heru Kustanto, Plt Kepala BBKB.

Heru menambahkan, kegiatan konsultasi ini untuk mendukung program pemerintah industri hijau, walau di suatu tempat itu terdapat kawasan industri namun lingkungan tetap terjaga.

Pekatihan proses pengolahan limbah batik dari BBKB Yogyakarta di Rezti’s Batik

Imam Safi’i, pemilik Rezti’s Batik mengungkapkan, ia baru mengetahui bila limbah tersebut bisa diolah kembali menjadi lilin batik dan hal itu tentu sangatlah bermanfaat.

“Dengan teknologi daur ulang limbah batik tidak lagi dibuang begitu saja, setelah diolah dan didinginkan limbah itu menjadi bongkahan malam dan bisa dipakai lagi.”kata Imam.

BBKB sendiri ketika datang ke Jember selain memberikan konsultasi di Rezti’s batik, tim tersebut berkunjung ke Ngaidin’s batik dan batik tersebut menggunakan pewarna dari kulit Kakao. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *