22/10/2021

Perjuangkan Musik Patrol untuk Jadi Warisan Budaya Tak Benda Asli Jember

Dhebora Krisnowati dalam Press Conference Webinar Musik Patrol Jember

Dhebora Krisnowati dalam Press Conference Webinar Musik Patrol Jember

JEMBER, situstalenta.com – Saling klaim seni-budaya tradisional tidak hanya terjadi di level internasional seperti Malaysia yang mengklaim Batik dan Reog, tapi juga di level regional. Salah satunya adalah Musik Patrol yang selama ini diklaim sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, seperti Sidoarjo, Probolinggo dan Jember.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Musik Patrol memang berkembang dan dimainkan di berbagai wilayah di Jawa Timur. Namun harus diakui bahwa diantara sekian Kabupaten/Kota yang merasa memiliki Musik Patrol, hanya di Kabupaten Jember musik patrol berkembang dengan pesat.

Selain memiliki banyak komunitas/grup Musik Patrol, Jember juga kerap menyelenggarakan event dan parade Musik Patrol. Belum lagi inovasi banyak seniman di Kabupaten Jember yang mengkolaborasikan Musik Patrol dengan kesenian lain, seperti tari dan teater.

Bahkan, sejak beberapa puluh tahun yang lalu, seniman-seniman Musik Patrol di Jember telah mengeluarkan album rekaman yang dijual dan diterima oleh pasar utamanya di Jawa Timur.

Kondisi itulah yang mendorong Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember menggelar Press Conference Webiner Musik Patrol Jember, Jumat (18/06/2021).

Press Conference Webiner yang dihadiri langsung Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember untuk mendaftarkan  Musik Patrol sebagai Warisan Budaya Tak Benda yang dimiliki Jember.

“ Ini merupakan langkah awal agar musik patrol kita dicatat di cagar budaya sebagai warisan budaya tak benda. Langkah-langkahnya salah satunya adalah dengan webinar ini. Dan nantinya, tidak hanya musik patrol saja tapi banyak lagi yang perlu kita angkat,” kata Dhebora.

Untuk itu Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan ini menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memiliki kebanggan terhadap musik patrol dengan merawat dan menjaga serta ikut berperan aktif dalam mendukung pendaftaran musik patrol sebagai WBTB.

Setelah Press Conference Webiner tersebut, menurut rencana Webinar Musik Patrol Jember akan digelar secara luring pada hari Selasa (22/06/2021) bertempat di objek Wisata Rembangan pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Meski digelar secara terbatas namun masyarakat umum dapat menyaksikan jalannya webiner tersebut secara daring melalui zoom atau dengan mengunjungi kanal  YouTube dan TV lokal yang ada di Jember.

Selain membahas khusus tentang Musik Patrol, dalam Press Conference Webinar Dhebora juga mengharap masyarakat Jember untuk memperhatikan kembali warisan-warisan budaya leluhur yang ada dan dimiliki Kabupaten Jember.

“Kedepan akan kita gelar event yang kita beri nama Festival Suwar Suwir. Hanya saja untuk pelaksanaannya, kita masih melihat kondisi. Jika ternyata tidak memungkinkan, maka akan kita kemas seperti zoom meeting,” ungkap Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember ini. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *