PKB dan NU Resmi Dukung Ifan Ariadna sebagai Bakal Calon Bupati Jember

Pemberian surat tugas dari PKB kepada Ifan Ariadna untuk maju dalam Pilkada Jember

Pemberian surat tugas dari PKB kepada Ifan Ariadna untuk maju dalam Pilkada Jember

JEMBER, situstalenta.com – Pemilukada Kabupaten Jember pada 9 Desember 2020 yang akan datang hampir dipastikan akan menyertakan nama Ifan Ariadna Wijaya sebagai salah satu kontestan. Pasalnya, pengusaha muda asal Bangsalsari ini telah mengantongi dukungan dari 3 partai yaitu: PKB, PAN dan Perindo.

Dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa dirupakan dalam bentuk pemberian surat tugas dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB yang disampaikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB kepada Ifan lewat sebuah acara seremonial yang dihadiri seluruh pengurus ranting PKB sekabupaten Jember.

Hadir pula pada kesempatan itu Ketua Dewan Syuro DPC PKB KH. Imam Ghozali, Sekretaris Dewan Syuro KH. Sholeh Ahmad. Sekretaris DPC PKB Ayub Junaidi, Ketua NU Cabang Jember KH. Abdullah Samsul Arifin, Ketua NU Cabang Kencong KH. Ghulam dan  Ketua Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslimin) NU H. Rasyid Zakaria.

Menurut Ayub Zunaidi, dalam sejarah Jember baru kali ini Nahdlatul Ulama (NU) beserta seluruh badan otonomi (banom)nya, baik PC NU Jember maupun PC NU Kencong secara bersama-sama memberikan dukungan dalam kontestasi pemilukada, setelah sebelumnya selalu berpencar.

“Setelah sukses memenangkan Joko Widodo pada Pilpres yang lalu, kita berharap NU dan PKB dapat kembali bersama dalam pilkada yang akan datang. Alhamdulillah, kali ini PC NU Jember dan PC NU Kencong bersama seluruh banomnya dapat bersama-sama mengusung mas Ifan sebagai calon Bupati” ungkap Ayub usai acara serah terima Surat Tugas di Kantor DPC PKB Jember (1/07/2020).

Dengan diterimanya Surat Tugas tersebut, menurut Ayub dukungan PKB kepada Ifan sudah hampir 99 persen untuk menuju ke proses rekomendasi. Karena tahapannya memang tidak harus rekomendasi dulu melainkan bisa didahului dengan surat penugasan. Untuk itu, sebagai calon yang diusung partainya, Ifan Ariadna diharapkan dapat segera menggerakkan seluruh mesin politik dan potensi yang dimiliki PKB dan NU.

“Dengan terbitnya surat ini, Ifan Ariadna diberi kewenangan untuk memakai logo partai saat  turun ke masyarakat, dan nanti akan diberengi oleh struktur partai, baik pengurus anak cabang maupun pengurus ranting yang akan bergerak bersama-sama. Hari inipun akan  langsung melakukan kanvasing” tegas Ayub.

Dukungan NU

Sementara itu, untuk dukungan dari NU kepada Ifan Ariadna disampaikan oleh Ketua PCNU Jember Abdullah Samsul Arifin. Dikatakannya bahwa PCNU Jember dan PCNU Kencong memang bukan partai politik. Namun sebagai sebuah organisasi sosial keagamaan, NU memerlukan perlindungan dan komunikasi yang baik dengan penguasa.

“PC NU Jember dan PC NU Kencong beserta badan otonominya memang tidak bisa memberangkatkan calon Kepala Daerah karena bukan parpol. Namun tidak mungkin juga kami tidak berperan aktif dalam proses politik jika terkait dengan kemaslahatan masyarakat,” ujar Abdullah Samsul Arifin.

Ifan Ariadna bersama jajaran Pengurus PKB dan NU Jember

Gus Aab menambahkan bahwa dalam tubuh Ifan mengalir genetika NU. Orangtuanya adalah warga NU sementara diri Ifan sendiri adalah seorang santri. Karena itu sudah sepantasnya jika warga NU mendukung calon dari NU.

“Dipilihnya Mas Ifan Ariadna merupakan tanda-tanda kemenangan sebelum waktunya. Ada 22 kursi di DPRD yang mendukungt mencalonnya. Selain itu, antara PCNU Jember dan PCNU Kencong telah mendapat restu dari PWNU Jatim bahwa yang sudah mendapat rekom dari PKB harus didukung dan seluruh banom-banom harus bersatu padu. Mari kita jemput kemenangan ini bersama-sama,” kata Gus Aab.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PCNU Kencong, KH. Zainil Ghulam menyampaikan bahwa kehadirannya bertujuan untuk menyamakan niat dalam merestui calon bupati yang didukung oleh PKB.

“Disini kita menyamakan niat terhadap bakal calon bupati yang diusung PKB. Terlebih dalam tatanan kehidupan di masyarakat, agama dan kekuasaan itu ibarat saudara kembar yang harus sama-sama dijaga. Kalau tatanan pemerintahan tidak mempunyai pondasi, maka akan runtuh. Dan kalau tidak ada penjaga, sesuatu itu juga akan sia-sia. Makanya NU wajib mempunyai bupati dari NU,” tegas Gus Ghulam.

Langkah Awal Perjuangan

Ifan yang juga mantan jurnalis televisi ini menyampaikan rasa syukurnya atas surat mandat yang dia terima dari DPP PKB yang mengusungnya untuk maju dalam Pilkada Jember nanti.

”Alhamdulillah perjuangan saya untuk mendapatkan rekomendasi dari PKB tidak sia-sia, sehingga mendapatkan surat tugas dari PKB untuk mengikuti kontestasi pilkada di Jember. Untuk itu, saya akan memaksimalkan apa yang telah dimandatkan oleh PKB,” ujar Ifan.

“Kini apa yang sudah saya perjuangkan selama 4 bulan akhirnya membuahkan hasil. Tentunya ini merupakan langkah awal bagi saya dalam perjuangan mengikuti kontestasi di Pilkada Jember. Saya akan semaksimal mungkin menjaga kepercayaan yang diberikan kepada kami,” tambah Ifan.

Menurut Ifan, komunikasi politik dengan PKB dia bangun lewat diskusi-diskusi ringan antara dirinya dengan jajaran pengurus PKB dan juga NU Jember. Dalam komunikasi politik itulah dia menyampaikan sejumlah visi dan misi terkait niatnya menjadi bacabup Jember.

“Dalam diskusi tersebut saya sampaikan visi dan misi saya, salah satunya dengan mengutamakan visi kesantrian. Selain itu ada beberapa program tentang bagaimana memperbaiki tatanan di Jember agar menjadi lebih baik. Disinilah terbangun kesamaan visi dan misi antara diri saya dengan PKB,” terang Ifan.

Menanggapi pertanyaan tentang carut marutnya pemerintahan Kabupeten Jember, Ifan Ariadna mengatakan bahwa persoalan tersebut merupakan pelajaran, baik bagi eksekutif, legislatif maupun masyarakat Jember. Sehingga nantinya bisa dijadikan bahan evaluasi dan harus segera dibenahi.

“Siapapun nanti yang terpilih sebagai Bupati selain incumben, punya PR pada tata kelola pemerintahan. Sehingga dalam enam bulan pertama jika saya dilantik nanti, maka tidak akan melakukan pergeseran jabatan, sebab hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang,” katanya.

Selain itu jika terpilih nanti dia juga akan memberikan target kinerja pada pejabat-pejabat baru yang selanjutnya akan dievaluasi untuk melakukan perbaikan. Cara itulah yang akan dilakukan Ifan Ariadna dalam memperbaiki tata kelola Pemerintah Kabupaten Jember. (Maji/Agus)   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *