Punya Anak Berkebutuhan Khusus? Begini Cara Mendidiknya

Rasa sedih, cemas, khawatir, stress kerapkali dialami oleh orang tua yang memiliki anak dengan pertumbuhan tidak optimal atau anak berkebutuhan khusus (ABK), seperti anak yang menyandang autisme.

Perasaan tersebut memang wajar tapi jangan sampai berlarut-larut, karena Allah pasti memberikan yang terbaik. Terlebih ABK pun dapatt tumbuh dengan optimal jika tahu cara mendidiknya.

Untuk membesarkan dan mendidik ABK terapkan psikologi positif, yaitu sebuah pandangan bahwa siapapun akan dapat menjalani hidup dengan optimis dan bahagia serta menjadi yang terbaik, bagaimanapun kondisinya.

Dengan menerapkan psikologi positif ini para orang tua akan merasa bersyukur dikaruniai ABK serta dapat membesarkan dan mendidiknya sehingga dapat tumbuh dengan optimal. Berikut 5 cara dalam mendidik ABK.

Perlakukan sebagai Manusia Utuh

Tanamkan dalam hati bahwa setiap anak memiliki kekurangan, kelebihan dan keunikan masing-masing serta jangan jadikan kekurangan dan keunikan tersebut sebagai penghalang bagi anak untuk belajar tentang nilai-nilai, norma serta aturan yang berlaku di masyarakat.

Sembari terus mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada ABK, sadari kapasitas anak dalam menjalankannya dengan tidak menuntut agar memiliki kemampuan yang sama dengan anak-anak lain pada umumnya.

Beri Pendidikan Sesuai Kebutuhan

Tidak menutup kemungkinan ABK tidak mampu mengikuti materi pelajaran yang disampaikan di sekolah umum. Jika itu yang terjadi, jangan menyerah begitu saja karena masih banyak cara lain untuk dapat memberikan pendidikan yang baik dan cocok bagi ABK, seperti menyekolahkannya di sekolah inklusi atau sekolah khusus ABK.

Bersikap Optimis

Jangan pernah punya anggapan bahwa ABK tidak bisa berprestasi atau tidak bisa berbuat apa-apa. Jika diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang serta memberikan pendidikan yang terbaik, tidak menutup kemungkinan anak akan dapat berprestasi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Banyak contoh tokoh-tokoh dunia yang terlahir sebagaiABK seperti pencipta Pokemon Satoshi Tajri, ilmuwan fisika Stephen Hawking, musisi jazz profesional Matt Savage dan masih banyak lagi.

Untuk itu orang tua wajib mengetahui minat, bakat dan kreafititas ABK serta menyediakan fasilitas untuk mengembangkan minat, bakat dan kreatifitas ABK tersebut.

Senantiasa Bersyukur    

Dengan bersyukur, emosi positif pada diri seseorang akan meningkat. Banyak cara untuk meningkatkan rasa bersyukur tersebut, seperti mengingat atau menuliskan hal-hal baik dalam hidup yang patut disyukuri. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa dengan memperbesar rasa syukur akan merubah sesuatu yang negatif menjadi positif. Hal inilah yang membuat orangtua merasa bersyukur dikaruniai ABK dan perasaan syukur tersebut akan menjadikan ABK dapat tumbuh dengan optimal di tengah keterbatasannya.

Hilangkan Stress

Masih sulit untuk menghilangkan rasa sedih, cemas dan stress karena memiliki ABK? Cobalah menghilangkan stress tersebut dengan santai sejenak. Caranya dengan memposisikan tubuh senyaman mungkin, ambil napas dalam-dalam sekitar 3 detik, buang perlahan-lahan lewat mulut dan lakukan berulangkali. Cara tersebut akan membuat amarah, sedih, stress dan berbagai bentuk emosi negatif akan redah.

Demikian 5 cara yang dapat dilakukan dalam mendidik ABK agar mereka dapat tumbuh dengan optimal, bahkan tidak menutup kemungkinan akan dapat berprestasi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *