SMAN Glenmore, Banyuwangi : Berbasis Pesantren, Sistem SKS

SMA Negeri Glenmore, Banyuwangi

SMA Negeri Glenmore, Banyuwangi

BANYUWANGI, situstalenta.com – Tengoklah ke utara. Kita akan menyadari bahwa SMAN Glenmore yang lebih populer disebut SMANSAMORE, berada di kaki Gunung Raung nan menjulang. Udara dingin langsung terasa saat berada di sana.

Di kompleks Balai Pendidikan Utama Islam ( BPUI) Minhajut Thollab itu, ada pula lembaga SDN dan SMPN. Bahkan, hanya dalam hitungan langkah kaki, kita temui Akademi Keperawatan dan Rumah Sakit Bhakti Usada yang dikelola oleh PTP Nusantara.

Maka, suasana lingkungan di sekitar stasiun kereta api Krikilan itu dinamis. Terasa hidup. Sejak Subuh sampai tengah malam tiba.

Kepala SMAN Glenmore, Drs. Mochammad Rifai, M.Pd.

Pimpinan Balai Pendidikan Utama Islam ( BPUI ) Minhajut Thollab, K.H. Thoha Muntaha Manan, sejak awal memang memadukan BPUI dengan lembaga pendidikan formal berstatus negeri.

“Bisa dikata, BPUI Pondok Pesantren berbasis Lembaga Formal berstatus Negeri sekaligus SDN, SMPN dan SMAN berbasis pondok pesantren,” terang Waka Humas SMANSAMORE, Abd. Ghofur, S.Pd, belum lama ini.

Pembelajaran dengan sistem SKS sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu . SMANSAMORE memang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para murid yang mempunyai potensi dan kemampuan di bidang akademis di atas rata-rata teman-temannya itu.

Mereka belajar melalui jalur kelas akselerasi. “Sehingga, bukan hal baru dan aneh, jika beberapa murid kami, menyelesaikan pendidikan di sini hanya dalam waktu dua tahun saja,” tambah Pak Ghofur, sapaan akrab Abd. Ghofur, bangga.

SMA Negeri Glenmore

Selain bidang akademis, tercatat ada 22 jenis ekskul yang ditawarkan kepada para murid. “Ekskul PMR dan Seni Bela Diri Silat, menjadi ekskul favorit. Lembaga kami juga selalu memenangi berbagai event kompetisi di bidang akademis. Belum lama ini, ada seorang murid berhasil menyabet juara pertama OSN bidang Geografi tingkat kabupaten. Sementara itu, setiap tahun, beberapa murid kami juga berhasil menerobos pintu masuk seleksi mahasiswa baru di UI dan IPB,” imbuh Pak Ghofur lagi.

Membuka Diri

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu sekolah yang dipimpin oleh Drs. Mochammad Rifai, M.Pd. ini menjalankan proses belajar mengajar dengan SMANSAMORE Flip School ( SFS ).

 Semua kegiatan belajar dan urusan administrasi sekolah diselenggarakan dengan berbasis IT. Selain itu sekolah ini juga bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan ( LPP ) Jogjakarta.

Waka Humas SMAN Glenmore, Abd. Ghofur, S.Pd

 “Sehingga, ada program Plantation School di sekolah kami. Program tersebut sangat disukai oleh sebagian besar murid,” tambahnya pula.

Kerja sama dengan LPP Jogjakarta itu mendapat sambutan luar bias. Mengapa? kHal itu antara lain dikarenakan sebagian murid berasal dari wilayah perkebunan. Orang tua mereka, tidak sedikit yang bekerja sebagai karyawan bahkan.pejabat di beberapa perkebunan yang tersebar di Kalibaru dan Glenmore.

Kerja sama itu menjadi match. Diyakini, di antara 936 murid yang dibina oleh 76 guru dan karyawan itu, ada puluhan murid yang tertarik melanjutkan study di Politeknik Perkebunan yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Perkebunan, Jogjakarta itu.

Ekskul Pencak Silat

Dengan instansi pemerintah setempat, seperti Puskesmas, SMANSAMORE sudah sejak lama menjalin kerja sama. Penyuluhan kesehatan oleh petugas yang berkompeten, menjadi urgen bagi para murid SDN, SMPN, dan SMAN baik yang mondok maupun yang pulang ke rumah. Pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, perlu terus-menerus digaungkan.

Dengan mengemban misi: terwujudnya insan yang cerdas, berbudi pekerti luhur, mandiri, berprestasi serta berbudaya lingkungan, pada tahun pelajaran 2020-2021 ini SMANSAMORE akan menambahkan materi esensial pada mata pelajaran Pendidikan Agama.

Para murid yang pulang ke rumah setelah mengikuti KBM, mulai tahun ajaran ini diwajibkan mendalami materi Al-Qur’an, Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih dan Bahasa Arab secara intensif di lingkungan pondok. “Bukan gagah- gagahan. Tapi, hanya program unggulan, saja lah,” pungkas Pak Ghofur dengan senyum mengembang. (sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *