01/12/2021

Tidak Miliki Kompetensi, Lulusan Sekolah Lanjutan Sulit Bekerja

Kepala UPT BLK Jember

Kepala UPT BLK Jember

situsTalenta.com – Mengatasi permasalahan pengangguran memang tidaklah mudah, apalagi setiap tahun angka pengangguran terus bergerak naik di setiap daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Jember saat ini.

Lulusan sekolah lanjutan seperti SMK, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Masdrasah Aliyah Swasta (MAS) mendominasi pengangguran di negeri ini, salah satu sebab karena mereka tidak memiliki ketrampilan atau kompetensi sehingga sulit untuk mengisi formasi lowongan pekerjaan.

Hal tersebut seperti di katakan oleh Sutrisno, S.Pd., MM. Kepala UPT BLK Disnakertrans Jember, usai kegiatan sosialisasi program pelatihan dan penempatan UPT BLK Jember bertempat di sebuah hotel di Jalan Karimata Jember.

“Sosialisasi sengaja diadakan oleh UPT BLK Jember dan dihadiri perwakilan SMK, MAN dan MAS, karena pengangguran berlatar belakang sekolah lanjutan tidak sedikit gagal diterima bekerja tanpa berbekal ketrampilan.”ungkap Sutrisno.

Pria kelahiran Madiun tersebut menambahkan, UPT BLK Jember siap untuk mengatasi persoalan tersebut sehingga angka pengangguran lulusan sekolah lanjutan bisa diminimalisir dan tidak kesulitan untuk bekerja.

Terpisah, Bahtiar Santoso, salah seorang pejabat UPT BLK Jember kepada wartawan  memaparkan, program pelatihan di BLK tersebut sesuai kebutuhan pasar kerja dan beragam keahlian ditawarkan.

“Silahkan alumni sekolah lanjutan untuk mengikuti pelatihan di BLK sebagai modal untuk bekerja, karena pelatihan di tempat ini sesuai Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bahkan sesuai standart khusus atau standart internasional.”tutur Bahtiar. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *