Universitas Jember Masuk Peringkat 20 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia Versi 4ICU UniRank

Universitas Jember

Universitas Jember

JEMBER, situstalenta.com – Keluarga besar Kampus Tegalboto patut berbangga, pasalnya Universitas Jember masuk dalam jajaran 20 besar Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) UniRank tahun 2020.

Tepatnya Universitas Jember menempati posisi 19 diantara 573 kampus yang dinilai oleh UniRank. Kabar ini disampaikan oleh Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember di sela-sela kesibukannya.

Modal prestasi menjadi perguruan tinggi terbaik nomor 19 se-Indonesia ini diharapkan menjadi cambuk sekaligus penyemangat bagi dosen, mahasiswa dan tenaga pendidikan (tendik) untuk bekerja dengan lebih baik lagi.


Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, Universitas Jember berada di peringkat 19 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank. Semoga menjadi penambah semangat bagi kami untuk terus memiliki kinerja yang baik. Sebab apapun model dan sistem pemeringkatannya akan berguna untuk mengukur posisi kita diantara perguruan tinggi lain,  menggambarkan kinerja sebuah perguruan tinggi, sebagai bahan evaluasi dalam menetapkan kebijakan lanjutan dan pengakuan atas kerja keras kita,” kata Iwan Taruna dengan penuh syukur.

Menurut Rektor Universitas Jember ini, hasil penilaian dari 4ICU UniRank dapat menggambarkan  secara umum bagaimana Kampus Tegalboto memanfaatkan potensi belajar mengajar secara daring.

 “Sejak tahun 2013 Universitas Jember sudah menginisiasi perkuliahan secara daring. Bahkan Media Manajemen Pembelajaran (MMP) sebagai virtual classroom yang dikembangkan oleh Universitas Jember mampu melayani 3 ribu mahasiswa dalam setiap kali jam perkuliahan daring. Dan terbukti belajar mengajar secara daring ini kini mendapatkan momen dengan adanya pandemi Covid-19,” kata Iwan Taruna.

Pelaksanaan kuliah daring di Universitas Jember didukung penuh oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mempersiapkan tulang punggung MMP Universitas Jember.

“Kami berhasil melakukan optimasi perangkat lunak Moodle yang berfungsi sebagai learning management system sehingga bisa melayani 3 ribu mahasiswa dalam setiap kali jam perkuliahan daring. Bahkan kami memadukannya dengan aplikasi lainnya semisal Big Blue Button dan Jitsi Meet sehingga MMP menjadi blended learning. Jadi dosen dan mahasiswa bisa bertemu secara virtual. Yang membedakannya lagi, fasilitas layanan MMP Universitas Jember yang ada dalam Sistem Informasi Terpadu Universitas Jember sudah compatible dengan Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA yang dikelola oleh Kemendikbud RI,” ungkap Sudarko, Penjabat Kepala UPT TIK Universitas Jember.

Untuk diketahui, 4ICU UniRank sendiri menitikberatkan penilaian perguruan tinggi dari keaktifannya melaksanakan proses belajar mengajar secara daring. Penilaian berdasarkan sistem algoritma dari lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similar Web Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow. Pihak 4ICU UniRank memiliki kriteria penilaian yang lebih menyoroti bidang keberadaan digital dan tautan melalui laman resmi sebuah perguruan tinggi. (Maji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *